Politikus Malaysia Ditangkap di Daerah Tebet

Jamal Yunos. Foto: AFP

Setelah lebih dari satu bulan menjadi buronan, politikus Malaysia Jamal Md Yunos yang melarikan diri dari tahanan di Malaysia, ditangkap Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan kepolisian Diraja Malaysia. Kepala United Malaysia National Organization (UMNO) Divisi Sungai Besar itu ditangkap saat berada di tempat cukur rambut di kawasan tebet, Jakarta Selatan, Senin (2/7) sekitar pukul 18.15 waktu Malaysia.

Jamal disebut-sebut sempat bersembunyi di beberapa lokasi sebelum ditangkap di Jakarta. “Jamal bersembunyi di Medan, Sumatera Utara sebelum ke Jakarta Selatan. Dia menggunakan transportasi laut untuk ke Medan,” ujar sumber seperti dilansir Astro AWANI.

Kepolisian Malaysia Inspektur Jenderal Polisi Mohamad Fuzi Harun telah memberi tahu Menteri Dalam Negeri Malaysia Muhyiddin Yassin bahwa Kepolisian Indonesia ikut membantu memburu dan melacak jejak Jamal. Setelah proses administrasi di Indonesia selesai, Jamal akan langsung dibawa ke Malaysia.

“Polis Diraja Malaysia (PDRM) telah dihubungi untuk membawa beliau pulang ke Malaysia,” ujar Menteri Dalam Negeri Malaysia, Tan Sri Muhyiddin Yassin seperti dilansir Antara.

Muhyiddin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia. “Saya Ingin mengucap terima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia, khususnya Kepolisian Republik Indonesia atas bantuan mereka,” katanya.

Jamal melarikan diri dari tahanan setelah gagal menyelesaikan proses pembebasan dengan jaminan. Dia dijerat enam dakwaan pidana, termasuk dakwaan memicu keributan umum. Pada 5 Oktober 2017, Jamal dianggap memicu keributan dengan memecahkan beberapa botol minuman keras memakai sebuah palu di depan kantor Sekretariat Negara Bagian Selangor di Shah Alam. Aksi itu dilakukan Jamal untuk memprotes Better Beer Festival yang digelar di Selango. (int)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!