Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dipecat dari jabatannya

Jacob zuma.

Partai berkuasa Afrika Selatan, African National Congress (ANC), memutuskan untuk mendepak Jacob Zuma dari jabatannya sebagai presiden. Keputusan tersebut diambil setelah pertemuan intensif dilakukan untuk menentukan nasib negara tersebut di masa depan.

Keputusan disampaikan dini hari oleh komite eksekutif partai ANC selepas pertemuan para pemimpin partai yang berlangsung selama 13 jam. Wakil Presiden Cyril Ramaphosa yang diyakini akan menjadi penggantinya.

“Kami memutuskan untuk memecat Zuma dari jabatannya. Dia belum diberitahu mengenai keputusan ini,” ujar salah satu sumber di partai, dikutip dari laman Reuters, Selasa (13/2).

Ramaphosa sendiri dilaporkan telah bertatap muka dengan Zuma untuk menyampaikan keputusan ini. Dia diberi waktu 48 jam untuk mengundurkan diri sebagai kepala negara.

Zuma telah mendapat banyak desakan untuk mengundurkan diri sejak Ramaphosa yang merupakan pemimpin serikat buruh terpilih sebagai pimpinan Partai ANC yang sudah berusia 106 tahun.

Selama memimpin negara, Zuma memang dipenuhi skandal mulai dari penyalahgunaan kekuasaan, penyebab turunnya ekonomi negara, hingga korupsi.

Meski komite eksekutif partai memiliki wewenang untuk menurunkan Zuma dari jabatan, namun sejumlah media menduga bahwa pria 75 tahun itu akan menolaknya.

Hingga dibuat keputusan ini, juru bicara Zuma belum bersedia dihubungi untuk dimintai keterangan. (rtr/int)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!