PTS Harus Siap Revolusi Industri 4.0

PALEMBANG — Perguruan tinggi swasta (PTS) harus siap bersaing di era revolusi industri 4.0, yang saat ini berlangsung. Sebelumnya, revolusi industri pertama dimulai dari ditemukannya mesin uap, revolusi kedua listrik, dan ketiga pemanfaatan robot pengganti tenaga manusia di industri.
“Maka revolusi keempat sekarang, era teknologi digital. Apabila kita tidak bergerak ke digital, maka bangsa kita akan tertinggal,” kata Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Seluruh Indonesia (APTISI) II-A Sumsel Babel, Drs Muhammad Helmi MS, di sela Rapat Pengurus Pusat Pleno (RPPP) ke-4 APTISI di Hotel Aryaduta, kemarin (7/2).
Lingkungan perguruan tinggi, sambung Helmi, mau tidak mau merespons perubahan itu lewat pengembangan pengelolaan pendidikan dengan konsep smart kampus yang terintegrasi. “Pengelola pendidikan tinggi harus mampu mengelola pesatnya kemajuan dunia digital yang mengalami perubahan begitu cepat,” katanya.
Menurutnya, perguruan tinggi harus mampu meningkatkan kemampuan daya saing dengan menghasilkan kualitas lulusan yang mampu menangkap peluang, menganalisis risiko secara jitu, dan keberanian untuk selalu bangkit ketika menghadapi kegagalan. “PTS harus mampu mengikuti kecepatan perubahan itu. Salah satunya menyiapkan diri dengan kehadiran perguruan tinggi asing (PTA) yang akan masuk ke Indonesia sebentar lagi,” tambahnya.
Ketua panitia RPPP ke-4 APTISI, Dr H Abdul Shobur SH MM mengatakan, RPPP ini akan membahas kesiapan PTS menghadapi zaman revolusi industri 4.0. Di mana, kuliah saat ini tidak lagi mesti tatap muka, tapi secara digital. “Jadi, kita akan mempersiapkan SDM untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Kualitas dosen harus lebih maksimal di tengah persaingan masuknya perguruan tinggi asing,” tuturnya.
Dijelaskan, kegiatan ini akan berlangsung 8 sampai 10 Februari 2018 diikuti 400 pengurus APTISI se-Indonesia. Palembang sebagai tuan rumah. RPPP ke-4 APTISI ini rencananya akan dihadiri Menristekdikti dan keynote speaker, Wapres Jusuf Kalla. (roz/nan/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!