Puasa Syawal, Kuy!

“Barangsiapa berpuasa penuh di bulan Ramadhan lalu menyambungnya dengan (puasa) enam hari di bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti ia berpuasa selama satu tahun.” (HR. Muslim).
Wah generasi Z, nggak kerasa ya kita sudah memasuki bulan Syawal. Nah guys, di bulan ini memiki beberap keistimewaan lho.Amal yang identik pada bulan Syawal salah satunya adalah puasa sunnahselama 6 hari. Kuy, simak! (nda)
Dalam sebuah hadis Nabi Muhammad SAWmenyebutkan siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan kemudian diikuti oleh puasa enam hari di bulan Syawal, maka pahalanya sama dengan berpuasa selama satu tahun.
Generasi Z, kalo kalian inginberpuasa di bulan Syawal pastikan kalian tidak melakukan puasa pada hari pertama Syawalkarena tidak dianjurkan berpuasasoalnya guys, masih suasana Idul Fitridan kalian bisa melaksanakan ibadahpuasa Syawalesoknya yaitu hari kedua hingga akhir Syawal. “Puasa Syawal ini berjumlah enam hari dan hukumnya sunnah,” ucap Agung Kurniawan, M.Pd.I.
“Untuk Pelaksanaan puasa syawal boleh dilakukan sekaligus atau enam hari berturut-turut, kalau tidak mampu boleh juga tidak berturut-turut atau dicicil, yang penting hingga akhir Syawal,” lanjut Agung. Wah, boleh juga ya?
“Nah, untuk perempuan jika ada masih ada hutang puasa di bulan Ramadhan sebaiknya mendahulukan membayar hutang puasa bulan Ramadhan terlebih dahulu karena hukumnya wajib. Jika sudah di lunasi, maka boleh langsung melaksanakan puasa sunnah di bulan Syawal,” ucap Agung.
Ada baiknya, jika kalian mulai melaksanakan puasa syawal selama enam hari sebagai pelengkap dan penyempurna pahala dari puasa setahun penuh sesuai dengan perintah Nabi Muhammad Saw. Bukan hanya itu guys, keutamaan menjalankan puasa Syawal juga untuk menyempurnakan puasa kitadan mendekatkan diri kepada Allah SWT karena Amalan yang dilakukan oleh seseorang terus tersambung.

Didalam kehidupan sekarang, manusia tidak terputus dari amalan yang telah diperbuatnya. Amalan tersebut salah satunya berasal dari pelaksanaan puasa wajib dan sunnah. Melakukan puasa sunnah Syawal berarti seseorang telah menyambung amalannya agar tetap mengalir. Pada saat bulan Ramadhan seseorang akan berpuasa dan setelah Ramadhan diteruskan lagi dengan puasa enam hari di bulan syawal.Enak banget kan,kalo amalan kita selalu mengalir bak air di sungai.
Yok generasiZ berlomba-lombalah dalam kebaikan. Kuy, siapkan bekal terbaik untuk kalian di akhirat nanti ya guys.!

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!