Pulau ini Saingan Maladewa

Keindahan bawah laut Kepulauan Anambas.

ANAMBAS – Kepulauan Anambas memang sedikit asing terdengar di telinga wisatawan, namun kepulauan tersebut menyimpan keindahan alam yang sangat eksotis. Salah satu pulau terindah di kawasan itu adalah Pulau Bawah. Sejak dinobatkan sebagai pulau terindah se–Asia dalam survei yang dilakukan CNN 2013 silam, banyak wisatawan yang penasaran dengan keindahan alam bawah laut dari pulau yang digadang-gadang pesaing Maladewa.

Dalam Anugerah Pariwisata Indonesia (API) tahun ini, Pulau Bawah Kabupaten Kepulauan Anambas ini masuk menjadi salah satu nominator dalam kategori Tempat Menyelam Terpopuler (Most Popular Diving Spot). Pulau Bawah bersaing dengan sembilan lokasi lainnya seperti Gosong Senggora–Kabupaten Kotawaringin Barat, Kepulauan Banda–Kabupate Maluku Tengah, Pulau Karampuang–Kabupaten Mamuju, Pulau Tomia–Kabupaten Wakatobi, Selat Lembeh–Kota Bitung, Tanjung Pasir Moyo–Kabupaten Sumbawa, Teluk Maumere–Kabupaten Sikka, Teluk Tomini–Kabupaten Tojo Unauna, dan Tulamben–Kabupaten Karangasem.

“Pulau Bawah lautnya menyimpan kekayaan bawah laut yang keelokannya luar biasa. Tak heran kalau orang-orang dari seluruh dunia ramai-ramai datang hanya untuk snorkeling atau diving di sini,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpor) Kabupaten Kepulauan Anambas, Iwan K Roni didampingi Kabid Promosi Wisata Anambas. Rusdi Senin (5/6).

Dalam pelaksanaan pemungutan suara (vote) tahun ini dilakukan penambahan akses, bila sebelumnya hanya bisa dilakukan melalui web vote secara online saat ini dibuka melalui cara SMS premium berbayar, melalui nomor 99386.

Baca Juga :  Gaet Wisman Timteng

Ayo Vote…!!! Tempat Penyelaman Terpopuler…Let s Explore Anambas – Indonesia, The Hidden Paradise, Ketik API (spasi) 5C Kirim ke 99386 (untuk semua operator), begitu bunyi ajakan memilih Pulau Bawah Anambas yang heboh di media sosial bersama Tagar #WonderfulAnambas, #WonderfulKepri, #WonderfulIndonesia, #PesonaAnambas, #PesonaKepri, #pesonaindonesia, #indtravel, #Anambas, #anambasislands, #ayojalanjalan, #anugerahpesonaindonesia, #anugerahpesonaindonesia2016, #anugerahpesonaindonesia2017, #Pulau Bawah, Kab Kep Anambas.

API 2017 sendiri merupakan kerjasama dari Kementerian Pariwisata RI dengan laman www.ayojalanjalan.com, mengajak masyarakat untuk aktif memilih nominator destinasi terbaik Indonesia. Tahun ini ada 15 kategori dibandingkan tahun lalu yang hanya 10 kategori.

“API merupakan rangkaian kegiatan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. Penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kemenpar, Esthy Reko Astuti.

Esthy menambahkan, API 2017 ini menambah fasilitas akses untuk memudahkan masyarakat melakukan vote, memberikan kesempatan luas kepada seluruh Pemda mulai dari Pemprov, Pemkot, Pemkab untuk menyampaikan usulan nominasi yang akan disertakan dalam ajang tersebut.

“Pilihan publik melalui online ini setiap satu email hanya berlaku satu voting. Jadi kalau sudah memasukkan email, lantas kembali memasukan email untuk voting selanjutnya, jelas akan ditolak secara otomatis oleh aplikasi itu,” ujar wanita berkerudung ini

Baca Juga :  Hampir Rampung, Bandara ini Siap Sambut Wisman

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menghargai peran swasta yang membuat award untuk destinasi wisata terbaik versi publik, melalui media online. “Silakan saja. Semakin banyak melibatkan publik, dalam membuat penilaian destinasi, maka akan memacu destinasi untuk menjaga dan membangun reputasinya menjadi yang terbaik,” kata Arief Yahya.

API 2017 dimulai dengan pemungutan suara (voting) yang berlangsung dari bulan Juni 2017 hingga Oktober 2017. Lalu pemberian penghargaan pada Malam Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017, November 2017. Selanjutnya dilakukan evaluasi dalam Post Event dan Persiapan API 2018 pada November 2017–Januari 2018

Pada pelaksanaan API 2016 tahun lalu berhasil menjaring sebanyak 53.097 voter di antaranya berasal dari mancanegara sebanyak 4.331 voters atau 8 persen. Para voter memilih spot wisata di Tanah Air yang terbagi dalam 10 kategori yang ada.(*/kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!