Puzzle, Latih Motorik Anak

Ilustrasi

PALEMBANG – Tak hanya asupan nutrisi yang seimbang yang dibutuhkan anak, tapi stimulasi yang dirangsang lewat mainan juga dibutuhkan dalam masa pertumbuhan.

Merangsang perkembangan motorik anak, kemarin(23/7), RS Siloam Sriwijaya menggelar aktivitas yang menyenangkan bagi pasien anak. Ajang untuk memperingati hari anak nasional ini diiisi dengan lomba mewarnai dan menyusun jigsaw puzzle.

Direktur Utama RS Siloam Sriwijaya dr Harijanto Solaeman MM, mengatakan, disela peringatan hari anak, RS Siloam membagikan mainan puzzle. Pihaknya percaya, dengan hadiah kecil ini dapat membawa keceriaan, kegembiraan bagi pasien dan ini dapat mempengaruhi penyembuhan pasien.

“Dengan adanya pembagian puzzle ini, kami membawa sukacita bagi mereka selama dirawat disini,” ujarnya disela-sela kunjungan pasien keisya, kemarin.

Menurutnya, pihaknya sengaja memilih mainan puzzle untuk dibagikan, mengingat permainan ini dapat membantu dalam pengembangan koordinasi mata dan tangan serta keterampilan motorik anak.

“Jigsaw puzzle juga membantu anak menjadi lebih cermat, meningkatkan keterampilan persepsu visual serta konsentrasi dan berpikir,”terangnya.

Menurutnya, keterampiulan motorik halus merupakan kemampuan yang berhubungan dengan otot-otot kecil anak, terutama tangan dan jari-jari tangan. “Melalui aktivitas puzzle, tanpa disadari anak akan belajar secara aktif unyuk menggunakan jari-jari tangannya untuk menyusun gambar yang tepat,’’ungkapnya.

Tak hanya membagikan puzzle, lanjutnya, pihaknya juga mengadakan lomba menyusun puzzle dan mewarna yang diikuti 50 anak usia lima hingga sepuluh tahun. Dengan acara ini, anak-anak mendapatkan pengalaman yang menyenangka. “Sehingga image RS menjadi lebih menyenangkan, bukan tempat yang menakutkan,” tukasnya. (qiw/via)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!