Qatar Bantu Asian Games US$ 6 Juta

Erick Thohir

JAKARTA – Sembilan hari jelang pembukaan Asian Games 2018, masih ada sponsor dari luar negeri yang berpartisipasi. Kemarin (9/8), Duta Besar Qatar untuk Indonesia Ahmed Bin Jassim Al Hamar menandatangani kerja sama sponsor senilai US$ 6 juta di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) Erick Thohir menuturkan dana US$ 6 juta atau sekitar Rp86,4 miliar (kurs Rp14.400) itu disalurkan melalui Qatar Airways. Seluruh dana tersebut berupa uang segar. Ada pula bantuan dari Angkatan Udara Qatar untuk pengangkutan 40 kuda yang akan berlaga di Asian Games.

“Ini 6 juta dolar dari Qatar Airways. Qatar Air Force angkatan udara Qatar membantu panitia Asian Games dalam pengiriman kuda. Di luar enam juta itu. Pesawatnya gede-gede,” ujar Erick. Pengiriman kuda itu membutuhkan pesawat khusus. Kuda dikirim dari berbagai belahan negara di Asia.

Erick menuturkan sebagai kompensasi Inasgoc memberikan kesempatan bagi Qatar untuk branding di beberapa lokasi. Tapi yang terutama di stadion sepak bola.

“Dia ingin ada di stadion sepak bola khususnya. Karena dia memang penyelenggara Piala Dunia,” ungkap Erick. Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2022.

Sebelumnya Inasgoc telah mendapatkan dana sponsor Rp850 miliar dari berbagai sponsor dalam dan luar negeri. Qatar Airways jadi sponsor pertama dalam bidang maskapai untuk Asian Games kali ini.

Erick menyebut sebenarnya sudah ada penawaran ke maskapai regional maupun nasional yang diberi penawaran sponsor. Tapi belum ada yang merespons dengan baik. “Qatar Airways dari dua bulan lalu sudah menyatakan iya tetapi kami tak bisa umumkan sebelum ada penandatanganan,” ungkap Erick.

Wakil Presiden Jusuf Kalla berterima kasih atas kerja sama dan dukungan dari Qatar. Diharapkan bisa semakin mempererat hubungan dan membantu mempromosikan Qatar Airways. “Dan ini adalah momen yang sangat diharapkan Indonesia untuk sukses. Karena Indonesia lebih dari 50 tahun lalu menyelenggarakan lagi,” kata JK.

Duta Besar Qatar Ahmed Bin Jassim Al Hamar menuturkan kerja sama tersebut bukan hanya kerja sama bisnis. Tapi juga kerja sama antardua negara. Apalagi Qatar Airways sudah menyelenggarakan penerbangan sehari tiga kali Jakarta Doha dan juga Doha ke Bali pulang pergi. “Qatar Airways sudah dikenal sebagai perusahaan penerbangan dunia,” kata dia.

Selain dukungan ke Asian Games, Qatar juga berencana memberikan bantuan kepada korban bencana gempa bumi di Lombok. “Karena adanya bencana di Indonesia kami sampaikan juga bahwa Pemerintah Qatar juga memperhatikan. Insya Allah kami juga sedang menyiapkan bantuan kemanusiaan yang akan dikirimkan ke Lombok,” ujar dia. (jun/air/ce2)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!