Rajin Donor, Sehatkan Sirkulasi Darah

Palembang – Meningkatkan kesehatan termasuk kelancaran sirkulasi darah menjadi sebuah kebutuhan yang sering terlupakan oleh manusia. Untuk itu, sebagai wujud kepedulian atas kondisi yang dialami, terutama dalam pemenuhan kebutuhan darah, Perhimpunan Keluarga Hakka Sumsel kembali menggelar bakti sosial donor darah dengan melibatkan setidak 200 orang calon pendonor.

“Kalau kita target sebanyak-banyaknya peserta. Untuk yang sudah terdata ada 200 orang, baik dari anggota Hakka Sumsel atau masyarakat umum yang ingin mendonorkan darahnya. Untuk target, yang pasti sebanyak-banyaknya. Meski demikian, dari yang donor ini tidak semuanya bisa mendonorkan darah. Sebab harus melalui pemeriksaan kesehatan dulu. Kalau dinyatakan tidak bisa, maka kita tidak akan memaksa,” ujar Ketua Perhimpunan Keluarga Hakka Sumsel, Bunyamin di sekretariat Hakka Sumsel.

Apalagi diakuinya, selain dapat menolong warga yang membutuhkan, darah secara medis juga dapat meningkatkan kesehatan diri sendiri. “Banyak penyakit yang dikarenakan sistem sirkulasi darah yang tidak lancar. Jadi dengan donor, terjadi pertukaran darah dan sirkulasinya semakin lancar,” bebernya.

Untuk kegiatan ini sendiri, dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia hingga tanggal 18 Agustus. Untuk itu, pelaksnaaan donor yang dilaksanakan pukul 14.00 wib diharapkan akan terkumpul ratusan kantong darah dari para pendonor.

“Kita laksanakan ini lebih cepat, karena kalau tanggal 18 Agustus tidak bisa, dikarenakan kesibukan para anggota dan bertepatan dengan pelaksanaan Asian Games,” bebernya.

Humas Perhimpunan Keluarga Hakka Sumsel, Alimin menjelaskan, kegiatan donor darah ini jadi agenda rutin setiap tiga bulan sekali. Namun begitu, antusias peserta yang ikut terus meningkat. Terlihat dari pagi yang daftar terus naik. Padahal, pihaknya hanya menginfomasikan hal tersebut melalui pesan berantai di media sosial dan dari mulut ke mulut.

“Kita bersyukur di tengah kesibukan dan aktifitas harian yang donor juga banyak. Semoga ke depan yang donor akan terus bertambah. Setidaknya darah yang didonorkan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan memenuhi kebutuhan darah di Palembang,” tandasnya. (Afi)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!