Rangkul, Jangan Jauhi!!

CERIA: Berbagai kegiatan yang diajarkan RASS untuk anak didiknya. Selain bidang akademik, mereka juga mengajarkan bidang nonakademik agar menjadi lebih kreatif.

Pernah nggak sih terlintas dipikiran temen-temen, lebih hebatan kita atau anak jalanan? Apakah kita yang lebih hebat dan mereka tidak memiliki kemampuan? Kalian salah loh guys kalo berfikir mereka tidak bisa apa-apa. Mereka juga memiliki kemampuan yang luar biasa jika terus dilatih, 31 Januari kemaren merupakan peringatan Street Children’s Day, ternyata guys banyak komunitas-komunitas sosial yang udah berusaha memberikan apa yang mereka butuhkan. Udah tau belom nih komunitas apa aja? Yuk guys kita intip !

Anak jalanan pasti sudah nggak asing lagi terlihat didepan mata generasi Z. Yup pemandangan yang biasanya kita lihat di lampu merah ini cukup memprihatinkan. Lalu pernah nggak sih terlintas dipikiran kalian bagaimana mereka bertahan hidup? Jika kalian sibuk dibangku pendidikan lalu bagaimana dengan mereka? Emang bener sih mungkin yang selalu ada dibenak kita anak jalanan adalah anak yang kotor, kumuh, dan nakal. Tapi ada satu hal yang lebih berharga dibalik semua itu.

Mereka memiliki keistimewaan yang belum tentu kita miliki loh. Yah keberanian mereka dijalan hanya untuk satu tujuan yaitu mencari uang. Semangat mereka untuk bertahan hidup inilah yang menarik banyak perhatian anak muda. “Mereka perlu dirangkul, bukan untuk dijauhi” setidaknya inilah ungkapan empati dari Helen yang merupakan ketua dari Relawan Anak Sumatera Selatan. Gadis cantik ini berharap RASS dapat mendidik dan mendampingi anak jalanan dalam meraih cita-cita mereka. Helen juga bercerita pengalamannya bersama 40 anggota lainnya bahwa diperlukan keterampilan dan cara tersendiri dalam menumbuhkan minat belajar anak jalanan.

Kegiatan rutin RASS ini yaitu memberikan pembelajaran kepada anak jalanan disetiap minggunya.Kegitan inidiharapkan dapat membuka wawasan untuk anak jalanan.Materi pembelajaran berupa akhlak, agama, matematika, keterampilan, Bahasa inggris, dan lain-lain. Wah kerenkan guys? Ternyata banyak hal yang dapat kita lakukan untuk dunia sekitar dari sekedar nongkrong yang nggak jelas.

Oh iya selain itu juga masih ada lagi nih komunitas keren yang patut diancungi jempol guys. Mereka dikenal dengan Save Street Child (SSC). Walaupun baru terbentuk pada tanggal 15 Maret 2015 SSC ini cukup eksis loh di kalangan remaja dengan berbagai kegiatan positifnya. Salah satunya yaitu kegiatan mengajar setiap minggu di Panti Asuhan Doa Ibu dan TPA Sukawinatan, juga berbagai event yang mereka adakan pada saat memperingati hari besar nasional.

Hebatnya lagi guys, SSC yang beranggotakan 30-45 orang ini udah sering banget ngadain lomba buat anak jalanan. SSC sadar betul akan peran mereka sebagai agent of change. Jika bukan kita yang muda, siapa lagi? SSC berharap dengan segala kegiatan yang mereka buat, bisa member dampak yang positif untuk anak jalanan. Nah guys gimana dengan kalian? Apa yang udah kalian lakuin buat anak bangsa kita? Yuk guys kita saling merangkul dan semangat memajukan negeri kita tercinta. (Nrs)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!