Rawa Ditimbun, Terendam Banjir

Warga di Jalan Kebun Jeruk, Kelurahan Talang Keramat, Talang Kelapa, kebanjiran karena ada lahan rawa yang ditimbun oleh pengembang. Padahal sebelumnya di kawasan permukiman tersebut tidak pernah mengalami banjir. Foto: Iwan/Sumeks

BANYUASIN – Warga Jalan Kebun Jeruk, Kelurahan Talang Kramat, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin, beberapa hari terakhir ini terendam banjir hingga di atas mata kaki orang dewasa. Penyebabnya diduga karena penimbunan rawa yang dilakukan pengembang perumahan di kawasan tersebut.

“Sudah cukup lama banjirnya,” kata Iwan, warga Jalan Kebun Jeruk, kemarin. Apalagi musim penghujan seperti sekarang, lanjut dia, dipastikan tempat tinggalnya kebanjiran.

Ia menambahkan, sejak adanya penimbunan, perumahan warga sekitar menjadi terendam banjir. “Padahal sebelumnya tidak pernah banjir,” imbuhnya.

Menurut Iwan, diduga pihak pengembang tidak mematuhi aturan yang berlaku sehingga beberapa kawasan permukiman dilanda banjir. “Karena itu, kita minta pemerintah daerah segera menindaklanjuti,” tegasnya.

Terpisah, Lurah Talang Kramat Yahya mengakui, kawasan tersebut sebelumnya tidak pernah dilanda banjir. “Namun, sejak adanya penimbunan rawa hingga puluhan hektare, jadi banjir,” tuturnya seraya menambahkan, drainase tidak berfungsi. Untuk itu, lanjut dia, pihaknya minta pengembang memperhatikan dampak lingkungan sekitar. “Jangan sampai warga sekitar jadi korban,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (Kadis PMTSP) Banyuasin Babul Ibrahim ketika dikonfirmasi menegaskan, pihaknya akan menindaklanjuti keluhan masyarakat. “Segera kita tindak lanjuti,” tandasnya.

Bila nanti izinnya belum keluar, pihaknya meminta pembangunan disetop terlebih dahulu. “Bila perlu, kita yang setop,” pungkasnya. (qda/ce4)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!