Respons Daging Beku, Bawang Putih Turun

PASAR RAMADAN: Daging beku dan bawang putih paling diminati setiap pasar murah atau pasar Ramadan yang digelar. Foto: Alfery/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Harga daging sapi segar di pasar tradisional sudah tembus Rp140 ribu per kilogram (kg). Membuat daging kerbau beku yang digelontorkan Perum Bulog Divre Sumsel Babel direspons positif masyarakat dengan harga Rp80 ribu per kg. Sudah 16 ton daging beku terserap, dari total 28 ton yang dipersiapkan selama Ramdan dan Lebaran.
Termasuk dalam Pasar Ramadan di depan Hotel Rio, Jl Lingkaran 1 Dempo, Kelurahan 9 Ilir, Kecamatan IT II, Palembang, kemarin (14/6). “Jadi, silakan warga yang ingin beli daging segar dengan harga tinggi atau daging beku dengan harga Rp80 ribu,” kata Bakhtiar AS, kepala Perum Bulog Divre Sumsel Babel.
Perbedaan harga daging segar dan daging beku memang cukup signifikan. Membuat penjualan daging beku tahun ini mengalami peningkatan. “Seperti ada perubahan tren konsumsi masyarakat, di mana sebelumnya kurang minat terhadap daging beku,” tuturnya.
Dikatakan, peningkatan ini lantaran pihaknya intens melakukan bazar dan pasar murah dengan bekerja sama pihak terkait agar kebutuhan sembako murah mudah terjangkau oleh masyarakat. Setiap hari ada 5 hingga 7 titik, belum termasuk di luar Palembang. “Kalau Pasar Murah di Hotel Rio (kemarin,red), mereka siapkan tempat. Kami pasok barang, jadi pada prinsipnya kami siap support,” sebut Bakhtiar.
Selain daging beku, pihaknya juga menjual sembako lainnya. Seperti minyak goreng, gula pasir, tepung, bawang putih, beras, dan telur ayam. Harganya di bawah harga pasar. Namun selama ini yang paling diminati, daging beku dan bawang putih. “Kami jual bawang putih Rp30 ribu per kg, dari sebelumnya Rp60 ribu per kg,” paparnya.
Ketua Pelaksana Pasar Ramadan 2017, Didit Pranajaya, menjelaskan, tujuan diadakannya kegiatan itu untuk membantu warga mendapatkan sembako murah. Dipilihnya lokasi bazar di halaman parkir hotel lantaran agar menarik mata semua masyarakat yang melintas, baik pejalan kaki, pengendara roda dua maupun roda empat dan lainnya.
“Bahkan, kali ini ada tenda yang diisi oleh peserta-peserta bazaar, seperti Pegadaian, Telkomsel, Teh Kotak Ultra, Paytren, Rabbani Fashion, Bulog, dan lain-lain,” jelas dia. Katanya, Pasar Ramadan tahun ini dilaksanakan 14-17 Juni 2017, mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.
Pada kesempatan ini, memang banyak sekali promo harga terbaik yang ditawarkan peserta bazar sehingga banyak masyarakat yang bisa menikmatinya. “Pasar Ramadan ini juga dimeriahkan acara Festival Qasida ibu-ibu se-Kota Palembang,” pungkasnya. (yun/air/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!