Ribuan Goweser Meriahkan GPN di Manado

Ilustrasi.

MANADO – Manado heboh. Kehadiran Gowes Pesona Nusantara (GPN) di sana menyedot antusiasme masyarakat. Sebanyak tiga ribu peserta diprediksi akan ramaikan program Kemenpora dalam galakkan olahraga ke masyarakat dengan tagline “Ayo Olahraga” ini. Di Manado, rencananya goweser akan kayuh sepeda dengan lintasan sepanjang 9 km.

Hal itu dikemukakan Asisten Deputi (Asdep) Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kemenpora Hamka Hendra Noer usai ritual adat pengambilan air dan tanah suci bersama pemuka adat Bantik di Desa Bengkol, Manado, Jumat (28/7). “Di Sulut (Sulawesi Utara) ini ada dua titik (GPN), kemarin sudah di Minahasa Utara dan sekarang di Manado. Secara formal, kegiatan gowes ini untuk mengajak masyarakat berolahraga. Di sisi lain, ada spirit nasionalisme di dalamnya,” kata Hamka.

Selama setahun ini, GPN yang menjadi salah satu program andalan Kemenpora di bawah bendera ‘Ayo Olahraga’ ini melintasi 90 Kabupaten/Kota. Kegiatan ini juga sekaligus untuk mempererat semangat nasionalisme di seluruh lapisan masyarakat Indonesia. “Di 90 kabupaten/kota kita lakukan proses pengambilan tanah dan air sesuai dengan adat masing-masing daerah. Kali ini di Suku Bantik, Minahasa,” jelasnya.

Lanjut Hamka, GPN ini adalah bagian dari pembudayaan masyarakat sehat, bugar dan ceria. Pasalnya, dari indeks tingkat kebugaran 67 persen, saat ini masyarakat Indonesia belum mencapai 30 persen di antaranya. Sebab itu, kegiatan ini dirasa penting untuk menyadarkan dan mengajak masyarakat Indonesia untuk giat berolahraga.

Baca Juga :  Dua Pengedar Sabu ini Dibekuk

“Meskipun di sisi lain ada nilai nasionalismenya. Efek lainnya, promosi pariwisata di Manado dan nilai rekreasinya juga diharapkan bisa terangkat,” ujar Hamka.

Kegiatan GPN 2017 edisi Manado akan dibuka dengan senam poco-poco yang dilanjutkan dengan prosesi penyerahan tanah dan air suci dari Walikota Manado ke Menpora Imam sebelum secara resmi melepas peserta gowes.(kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!