RSUD Kayuagung Terapkan Layanan Triage

KAYUAGUNG – Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung akan semakin cepat dengan diberlakukan triage atau pemilahan pelayanan. Tindakan bisa diambil hanya dalam waktu 4,5 menit.

Direktur RSUD Kayuagung dr Fikram MKes mengungkapkan, ada empat tanda warna yang dipasang, yakni merah untuk korban yang membutuhkan stabilisasi, semua pasien disalurkan ke ruang resusitasi. Kuning untuk korban yang sudah memerlukan pengawasan sementara dan disalurkan ke ruang tindakan bedah.

Kemudian, warna hijau untuk kelompok korban yang tidak memerlukan tindakan atau pemeriksaan, dapat ditunda dan akan ditempatkan. Warna hitam merupakan pasien yang sudah meninggal dan akan dibawa ke ruang jenazah.

“Inilah cara baru pelayanan sehingga penanganan dan tindakan yang diberikan sangat cepat, dibanding sebelumnya bisa memakan waktu setengah jam,” terangnya di sela-sela launching IGD RSUD Kayuagung, kemarin (17/1).

Selama ini pelayanan untuk semua pasien, mulai dari umum, BPJS hingga Jamkesda dalam waktu sehari semalam bisa melayani 60 pasien yang keluar masuk IGD.

Meski RS tipe C, tetap mendapat kunjungan masyarakat karena lokasinya strategis. Karena hanya satu RS rujukan dan menyesuaikan kebutuhan, masyarakat OKI tidak perlu lagi dirujuk ke RS di Palembang.

Ditambahkannya, semua dokter di IGD merupakan pelayanan spesialis. Ada juga dokter muda residen dam spesialis bedah, kebidanan, mata, serta dokter koas yang siap membantu.

Asisten IIl Pemkab OKI Azhar SE menambahkan, adanya IGD ini dapat melayani semua pasien yang datang dengan dilengkapi tenaga medis mumpuni. (uni/ce4)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!