Rute Jakarta-Palembang Padat

Tak hanya industri hotel, maskapai juga meraup untung dari momen ini. Booking ticket pesawat ke Palembang pun meningkat dan harga tiketnya pun mahal. District Manager Sriwijaya Air dan NAM Air Palembang, Darmando Purba, menerangkan booking ticket biasanya berbarengan dengan booking payment hotel.
“Diprediksi, dari Jakarta-Palembang itu baru kelihatan ramai pesanan tiket momen Asian Games itu mulai 20 Agustus,” jelasnya, kemarin. Dia yakin, saat penyelenggaraan atau pada 18 Agustus-3 September, load factor full 100 persen, dari rata-rata harian 90 persen.
“Karena perkiraannya atlet yang datang 4 ribu di wisma atlet, dan 20 ribu orang menginap di hotel,” jelasnya. Untuk cover kebutuhan itu, pihaknya merencanakan extra-flight. Diakuinya, pada hari biasa tiket pesawat bisa didapat dengan harga promo Rp400 ribu-Rp600 ribu. Tapi di sesi Asian Games, sudah mahal menjadi Rp700-800 ribu.
General Manager Garuda Indonesia Branch Palembang, Wahyudi Kresna, melalui Sales and Marketing, Meisye, mengatakan, dengan sembilan kali penerbangan Palembang-Jakarta (P/P) dinilai cukup melayani event Asian Games. “Inasgoc sudah memberi perkiraan ada sekitar 7.500 orang menuju Palembang, terdiri dari atlet, ofisial, dan suporter. Itu belum termasuk wisatawan yang datang,” ujarnya.
Untuk atasi lonjakan penumpang, pihaknya tak ajukan extra-flight. Melainkan menyiapkan satu pesawat Airbus kapasitas lebih besar untuk substitusikan satu pesawat lain. “Saat ini pesanan tiket momen Asian Games sudah mulai, baik lewat Inasgoc maupun beberapa negara yang mesan lewat EO,” katanya.
Dikatakan, peak session momen ini akan berlangsung 6 Agustus-4 September. Tidak ada kenaikan harga tiket, hanya pengurangan porsi tiket promo. Dia menargetkan load factor saat ini juga 100 persen.
General Manager (GM) PT Angkasa Pura II Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Bayuh Iswantoro, menyatakan, saat ini memang terjadi peningkatan jumlah penumpang yang cukup signifikan. Baik kedatangan maupun keberangkatan.
“Saat ini sudah sangat padat. Terutama pada rute Palembang-Jakarta dan Jakarta-Palembang,” ungkapnya, kemarin. Terungkap kalau di antara para penumpang, banyak yang melakukan kunjungan kerja untuk melihat kesiapan venue dan cabang olahraga (cabor) untuk event Asian Games 2018.
Ada tiga test event Asian Games yang mempengaruhi tingkat keterisian seat maskapai. “Trafik di Bandara SMB II saat ini meningkat 12-15 persen,” bebernya. Peningkatan penumpang ini akan makin tinggi mendekati hari H pelaksanaan Asian Games.(cj16/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!