Sah… ini Jumlah Cabor Asian Games Jakarta-Palembang

Logo Asian Games 2018. foto: jawa pos

JAKARTA – Sidang umum OCA (Dewan Olimpiade Asia) memutuskan jumlah cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada Asian Games di Jakarta-Palembang tahun depan. Keputusan tersebut sekaligus memupus harapan tuan rumah yang akan mengurangi jumlah cabor.

Dalam sidang umum OCA di Ashgabat, Turmenistan, 20 September lalu, Indonesia tak mendapat kesempatan menegosiasi ulang.

Dalam rilis jumlah cabang olahraga dan nomor yang akan dilombakan/dipertandingkan dalam event yang berlangsung di Jakarta dan Palembang, Agustus hingga awal September tahun depan itu, OCA tetap berpegangan dengan hasil Rapat Komite (Corcom) Asian Games VII yang digelar di Jakarta bersamaan dengan hitungan mundur Asian Games, 18 Agustus lalu.

“Tadinya kami memang mengupayakan untuk bisa melakukan negosiasi ulang di general assembly (sidang umum, red). Tapi ternyata kami hanya diminta executive board untuk paparan,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Panitia Penyelenggara Asia Games 2018 (Inasgoc), Eris Herryanto di Jakarta, Senin (25/9) kemarin.

Menurut mereka, lanjut Eris, general assembly tidak berhak memutuskan lantaran coordination meeting di Jakarta lalu adalah pertemuan tertinggi. “Seharusnya pertemuan yang di Jakarta itu harus dimanfaatkan. Sayang, itu tidak dilakukan sehingga tidak ada lagi posisi tawar untuk masalah tersebut,” lanjutnya.

Baca Juga :  Wisma Atlet Sudah Rampung 98 Persen

Seperti diketahui, pada Corcom tersebut memang nomor cabor telah dipastikan akan kembali berubah. Sebelumnya nomor pertandingan terkunci di angka 341. Ketika itu, beredar isu kalaupun ada penambahan, hanya sekitar 40 nomor pertandingan saja. Namun, dalam perkembangannya berubah cukup signifikan.

Tapi, fakta berkata lain, yang disahkan adalah 40 cabang olahraga, 60 disiplin, dan 462 nomor pertandingan. Dengan begitu harapan Indonesia untuk mengurangi cabang olahraga dari 40 cabor menjadi tidak lebih dari 39 cabor pun tidak tercapai. Padahal Indonesia sebelumnya berharap bisa melobi OCA di sidang umum tersebut.

Sementara itu, manajer cabang angkat berat dan angkat besi Indonesia, Alamsyah Wijaya mengatakan, mereka sangat puas jumlah nomor yang dipertandingkan di Asian Games 2018 mendatang, yaitu tujuh nomor masing-masing di kelompok putra dan putri. “Karena semua nomor yang dipertarungkan sudah sesuai dengan nomor-nomor yang menjadi potensi kami meraih medali,” kata Alamsyah. (ben/ady)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!