Saksikan Replanting Seluas 4.446 Ha

H Dodi Reza Alex. Foto: Kris Samiaji/Sumeks

Presiden Jokowi Tiba 13 Oktober

SEKAYU – Kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) ke Desa Panca Tunggal C5, Kecamatan Sungai Lilin, Muba, rencananya pada 13 Oktober nanti. Orang nomor satu di Indonesia akan menyaksikan replanting (peremajaan kelapa sawit) seluas 4.446 hektare milik petani.

Kedatangan Presiden Jokowi akan didampingi Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution serta Menteri Pertanian Amran Sulaiman. “Replanting kelapa sawit di Kabupaten Muba ini pilot project pertama kali di Indonesia,” kata Bupati Muba H Dodi Reza Alex, kemarin.

Pasalnya seluruh pelaksanaan replanting dibiayai Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). “Inilah upaya Pemerintah Kabupaten Muba memperbaiki hulu perkebunan kelapa sawit yang dikelola masyarakat,” paparnya.

Karena sebagian besar masyarakat Kabupaten Muba menggantungkan hidupnya dari hasil perkebunan sawit. Sementara usia tanaman kelapa sawit sudah di atas 40 tahun. Karena itu, produktivitas kelapa sawit tidak optimal lagi.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Muba Drs Iskandar Syahrianto menambahkan, saat proses replanting kelapa sawit akan dicabut pakai alat berat (ekskavator). Kemudian, Presiden Jokowi akan menyaksikan penanaman perdana replanting kelapa sawit. “Presiden juga akan saksikan penanaman introcoping jagung di sela lahan yang di-replanting,” sebutnya.

Diketahui, tahap pertama replanting seluas 4.446 hektare. Lahan itu dikelola Koperasi Unit Desa (KUD) Mukti Jaya dan Tri Bakti Sentosa, Kecamatan Sungai Lilin, serta KUD Sumber Jaya Lestari dan Suka Makmur, Kecamatan Keluang. Setelah itu, Pemkab Muba kembali mengajukan replanting seluas 2.200 hektare pada 2018.

Terpisah, Kepala Penerangan Korem 044/Garuda Dempo Mayor Inf Aris Barunawan mengatakan, kedatangan Presiden Jokowi belum bisa dipastikan. “Karena saat ini (kemarin, red) ada rapat di Jakarta, dan besok (hari ini, 11/10, red) akan dilaksanakan rapat mengenai kunjungan kerja presiden di Korem Gapo,” bebernya.

Rapat di Korem, dilakukan bersama Polri dan instansi terkait. “Untuk waktu pasti dan jadwalnya bisa diketahui besok (hari ini, red),” tutupnya. (yud/way/ce4)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!