Samakan Persipura dengan Bali United

Hartono Ruslan

PALEMBANG – Pelatih sementara Sriwijaya FC Hartono Ruslan mengingatkan anak asuhnya untuk bekerja ekstra keras melawan Persipura Jayapura pada 30 Juli nanti. Tim berjuluk Mutiara Hitam itu diklaim akan merepotkan Yu Hyun Koo dkk dalam amankan tiga angka di kandang sendiri. Ini karena mereka tim bagus di Liga 1.

Kekuatannya setara dengan Bali United. Ini karena keduanya sama-sama dihuni pemain yang sudah lama berada dalam satu tim. Bali United dibentuk sejak dua tahun lalu, sementara pemain Persipura tidak pernah banyak ganti dari musim ke musim.

“Di Liga 1, tim yang masuk jajaran papan atas ya Persipura dan Bali United. Kekuatan mereka setara karena didukung soliditas tim. Pemainnya sudah lama berada dalam satu tim. Jadi chemistry-nya sudah ketemu,” ungkap Hartono.

Diakui Hartono, kesulitan yang akan dihadapi Yu Hyun Koo dkk akan lebih berat dari saat bermain imbang lawan Bali United. Ini karena Ricardo Salampessy dkk datang dengan kepercayaan diri tinggi. Mereka belum terkalahkan di enam pertandingan terakhir. Lima pertandingan di antaranya di bawah kepemimpinan pelatih anyar Wanderley da Silva. Artinya, bulan madu Persipura dengan Wanderley masih butuh korban berikutnya.

Diakui Hartono, kekuatan Persipura ada pada kerja sama antarpemain. Jika Yu Hyun Koo dkk tidak bisa antisipasi kondisi ini, bukan tak mungkin kejadian saat lawan Bali United dan Persegres Gresik United terulang. Akibat kurang konsentrasi, harus kebobolan di awal laga. Akibatnya, tenaga pemain Sriwijaya FC terkuras hanya untuk mencetak gol penyeimbang.

Saat lawan Bali United, gawang Sriwijaya FC sudah bobol kala pertandingan baru berjalan tiga menit. Sementara saat dijamu Persegres, kiper Teja Paku Alam harus memungut bola dari jalanya sendiri pada menit 9. Sementara Persipura lihai memanfaatkan peluang di babak pertama.

Mereka rajin cetak gol di 45 pertama. Hal itu dilakukan saat melibas Mitra Kukar 6-0, kalahkan Arema FC 2-0, kemudian kala atasi PS TNI 2-1. “Harus fokus sejak kick off. Persipura tim kuat dengan kekuatan merata di semua lini. Jangan sampai mereka mencuri poin dari Jakabaring karena kita butuh kemenangan untuk menjauh dari kejaran zona degradasi,” tegas Hartono. (kmd/ion/ce2)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!