Sean Semusim Lagi di F2

PEREDARAN TERSISA: Sean Gelael, wakil Indonesia di ajang balap mobil Formula 2. Sean ditargetkan sudah bisa mengaspal di ajang Formula 1 pada musim berikut. Foto: Motosport

JAKARTA – Setelah Rio Haryanto, kini Sean Gelael yang tersisa di peredaran wakil Indonesia di ajang balap mobil Formula2 (F2). Ini adalah musim ketiga buat Sean tampil ajang balap di bawah Formula1 tersebut. Sepanjang musim ini, dia belum menemukan performa terbaiknya.

Dalam tujuh seri yang dia lakoni, pembalap 20 tahun itu baru mendulang 3 poin. Prestasi terbaik dia yakni saat finis di peringkat sembilan pada race pertama seri Inggris, di Sirkuit Silverstone. Tahun ini, dia bersama partnernya Norman Noto menjadi bagian dari tim Pertamina Arden.

Tim yang bermarkas di Inggris itu sejauh ini cukup kesulitan dalam bersaing dengan kompetitornya. Atas situasi ini, Ricardo Gelael, ayahanda Sean menjelaskan bahwa putranya butuh waktu beradaptasi dengan tim baru. Tahun lalu, Sean sempat sekali naik podium di rangkaian GP2 Series.

“Kita lihat saja, tim juga terus melakukan improvisasi untuk mesin,” kata Ricardo kemarin (10/8). Selanjutnya, Sean akan tampil kembali di F2 pada seri Belgia di Circuit de Spa-Francorchamps 26-27 Agustus mendatang.

Terkait masa depannya, Sean belum lama ini juga sempat menggeber mesin mobil salah satu tim F1, Torro Rosso. Saat ini, Sean sudah berstatus sebagai test driver tim balap yang berada di papan tengah klasemen konstruktor itu.

Baca Juga :  Seri Sachsenring, Siapa Digjaya?

Kesempatan tersebut menjadi modal besar buat Sean untuk merajut mimpinya menuju ajang balap tertinggi Formula One. Namun, Ricardo masih memberikan waktu setidaknya satu musim lagi buat putranya tampil di ajang F2.

Ada kemungkinan Sean bakal beralih ke tim lain untuk musim depan. Tentu harapannya dia bisa tampil lebih kompetitif. Tiga tim terdepan musim ini, DAMS, Prema Racing dan ataupun ART Grand Prix menjadi kandidat calon tim barunya.

Tetapi, situasi itu akan begantung pada kesempatan yang ada nantinya. Sean sendiri kini tengah fokus menyelesaikan musim F2 2017. Selain itu, dia juga tengah menikmati statusnya sebagai pembalap penguji buat Torro Rosso. “Soal musim depan nanti dulu, saya sama Norman sering diskusi sebelum balapan, itu cukup membantu,” katanya.

Sean juga berpotensi untuk naik kelas balap di masa mendatang. Tujuan utamanya tentu F1. “Kalau saya gak ada mimpi ke situ mungkin tiga tahun lalu saya sudah stop,” ungkap putra pasangan Ricardo Gelael dan Rini S. Bono itu. (nap/ion/ce2)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!