Sebelum tes dinamis, LRT akan Dites Parameter!

PALEMBANG – Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) LRT Sumsel, Suranto mencontohkan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan proses conditioning di Depo Jakabaring. Kawasan Depo tengah dibangun underfloor. Terdiri dari 9 trek sebagai tempat ‘parkir’ kereta yang bakal diperbaiki. “Itu (underfloor) tempat servis-nya. Nanti ‘kan begitu beroperasi ada perawatan harian, bulanan. Tiga bulan, enam bulan, dan tahunan. Tempat itu yang akan dijadikan bengkelnya,” rinci Suranto.

Dikatakan, tes dinamis mulai Mei. “Tujuannya untuk melihat keseimbangan kereta LRT melaju di lintasan rel,” sebutnya. Rute pertama yang disiapkan antara Depo sampai Stasiun OPI Mall dan Jakabaring.

Hanya saja, sebelum tes dinamis, pihaknya melakukan tes parameter. Ini untuk mengetahui data-data fisik kereta agar bisa dijadikan patokan pada conditioning sisa 6 trainset yang bakal dikirim 6 Mei nanti. “Jadi ketika trainset datang, kita tak perlu lagi melakukan rangkaian uji. Cukup menggunakan data awal saja,” ujarnya.

Sejauh ini, baru 2 unit trainset LRT Sumsel dengan 6 gerbong tiba di Pelabuhan Boom Baru Palembang. Dibawa oleh kapal jenis landing craft tank Maritindo Perkasa 2. Tetapi trainset ini masih dibungkus dengan kanvas biru. “Pada 20 April nanti kami launching atau resmikan, baru langsung kami angkut kereta LRT ke Jakabaring menggunakan enam unit truk trailer,” ujarnya. (kos/fad/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!