Selamat Hari Pers National

Guys…hari ini 9 Februari di peringatin sebagai hari Pers Nasional, keputusan ini dibuat langsung loh oleh Presiden Soeharto pada tahun 1985. Keputusan ini menyebutkan bahwa Pers Nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.
. Ternyata banyak remaja saat ini suka menggelutin dunia jurnalistik, yuk kita simak gimana cerita mereka dalam perjalanan pers di lingkungan mereka masing-masing, dan gimana harapan mereka kedepannya.

Kreativitas Jurnalis Sosial

Aditya Maulana Yahya
SMAN 2 Unggulan Prabumulih

Kebetulan aku sudah bergabung dengan jurnalis club hampir 2 tahun, jurnalis club ini memang menjadi salah satu wadah untuk para generasi muda mengembangkan kreativitasnya di bidang jurnalistik, karena untuk saat ini jurnalistik memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari para kawulan muda dan salah satunya dari jurnalis sekolah inilah mereka dapat mengexplore passionnya.

Medsos sangatlah berpengaruh dalam perkembangan jurnalis sekolah saat ini karena berdasarkan pengalaman saya dari media sosial itulah dapat terjalin sebuah apresiasi antara pencipta karya jurnalistik dengan penikmat karya jurnalistik dan salah satunya melalui media sosialah para anggota jurnalis club dapat menuangkan segala kreativitas mereka seperti Fotografi,Sinematografi sampai Karya sastra yang berhasil mereka ciptakan.

Baca Juga :  Ini Cara Honda Apresiasi Pers di Sumsel

Rujukan dan Pembelajaran

Ilham Fachrul Rosadi
Pemimpin Umum LPM Gelora Sriwijaya Unsri

Semoga momen hari pers nasional, kinerja pers nasional bisa lebih bagus lagi, bisa menjadi mitra masyarakat bukan musuh masyarakat. Dan untuk mahasiswa khususnya pers kampus, pers nasional diharapkan mampu menjadi rujukan untuk pembelajaran dalam suatu pemberitaan.

Keindependenan suatu media sekarang sangat tipis, semoga momen ini menjadi kebangkitan pers dan kembali ke hakikat pers serta menjunjung kode etik jurnalistik.

//Informasi Faktual
Ketua Jurnalis SMKN 5 Palembang

Di zaman now saat ini mencari sebuah berita atau informasi sangatlah mudah, mulai dari media cetak dan online mudah di akses. Terutama setiap remaja zaman now saat ini sudah memiliki handphone yang canggih. Di hari Pers Nasional ini, semoga pers selalu memberikan informasi atau berita yang faktual kepada khalayak dan mencegah berita hoax

// Fasilitator Suara Rakyat

Nopri Ismi
Pemimpin Umum LPM Ukhuwah UIN Raden Fatah Palembang

Kami Persma (Pers Mahasiswa) dapat belajar lebih dini mengenai dunia pers. Sehingga dapat mengetahui suka maupun duka bagaimana berperan sebagai fasilitator suara rakyat. Di momen Hari Pers Nasional ini, semoga publik dapat lebih bijak dalam meliterasi setiap berita yang naik ke permukaan. Masyarakat dituntut untuk lebih cerdas saat berada di era seperti sekarang ini, dimana pers kian diberi kebebasan dan semakin gencar menyebarkan berita Hoax.

Baca Juga :  Ini Cara Honda Apresiasi Pers di Sumsel

Kami persma berada di garda terdepan untuk mengawal setiap pemberitaan yang ada. Karena harus diakui, persma memang menjadi satu-satunya yang paling independen. Mengingat belum masuknya intervensi dari dunia luar. (Mna/Pan)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!