Seribu Jurnalis Gunakan SPC

TINJAU: , Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar, Plt Kepala Dinas Kominfo Sumsel, Inanda Karina Astari Fatma, dan Sekda Pemkot Palembang, Harobin Mustofa kembali meninjau lokasi SPC. Foto: Budiman/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Gedung Sriwijaya Promotion Center (SPC) menjadi salah satu fasilitas event Asian Games 2018 yang cukup vital. Pasalnya, lokasi itu sebagai tempat berkumpul jurnalis berbagai negara se-Asia selama event berlangsung. Dari sana, jurnalis akan menginformasikan dan memberitakan acara Asian Games 2018 ke seluruh dunia.
Tak heran, jika persiapan fasilitas untuk International Broadcast Center (IBC) dan Main Press Center (MPC) terus dimatangkan. Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang pun makin intens menyiapkan dan meninjau gedung SPC. Kemarin (10/8) contohnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar, Plt Kepala Dinas Kominfo Sumsel, Inanda Karina Astari Fatma, dan Sekda Pemkot Palembang, Harobin Mustofa kembali meninjau lokasi.
Nasrun Umar mengaku gedung SPC Jakabaring akan digunakan kurang lebih seribu jurnalis dari media lokal, nasional, juga media asing selama penyelenggaraan Asian Games. “Ini kan yang dibawa nama bangsa, bukan hanya Provinsi Sumsel jadi fasilitas ini harus betul-betul siap. Koordinasi intensif tujuannya untuk itu,” katanya.
Dikatakan, seluruh fasilitas utama yang dibutuhkan mulai dari listrik, air, akses internet, AC, pemadam kebakaran, toilet, kebersihan, keamanan dan sarana pendukung lainnya juga sudah dipersiapkan sebaik-baiknya. “Kami sudah penuhi standardisasi Inasgoc, tinggal hal kecil-kecil saja. Kami optimis target Inasgoc, 14 Agustus nanti SPC siap 100 persen meyambut wartawan peliput Asian Games,” ujarnya.
Dikatakan, untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan para peliput Asian Games 2018, ada penempatan pos khusus terdiri dari TNI, Polri, Pol-PP, dan satpam. “Para petugas tersebut juga sudah mulai berjaga, walaupun media peliput Asian Games belum berkumpul di sini,” bebernya.
Plt Kepala Dinas Kominfo Sumsel, Inanda Karina Astari Fatma, mengatakan, kesiapan SPC sendiri sudah mencapai 90 persen. Secara umum semuanya sudah terpenuhi, baik itu fasilitas listrik, air, internet, dan lainnya. “Sesuai target Inasgoc, semua harus siap 100 persen per 14 Agustus 2018. Kalau lihat target itu, kami yakin semuanya akan siap sampai tenggat waktu,” jelasnya.
Kesiapan fasilitas ini, kata Inanda, juga demi kenyamanan para media yang akan datang. Apalagi saat ini pun beberapa jurnalis Asia sudah mulai berdatangan, salah satunya dari Negara Jepang. “Nah, kita intens meninjau lokasi SPC itu untuk memastikan bahwa tak ada lagi kendala dengan gedung SPC ini. Kita harap sosialisasi Asian Games di Palembang ke tingkat dunia bisa maksimal,” pungkasnya. (cj11/fad/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!