Seribu Kamera Lebih Pantau Test Event AG 2018

DIRESMIKAN: Ruangan Main Operation Center yang diresmikan Jusuf Kalla, rabu (31/1). Foto: Kumaidi/Sumatera Ekspres

JAKARTA – Menyambut pelaksanaan Test Event Asian Games 2018 pada 8-15 Februari nanti, Ketua Pengarah Asian Games Jusuf Kalla meresmikan Main Operation Center (MOC) Rabu (31/1).

MOC akan menjadi mata Panpel Asian Games alias INASGOC selama kegiatan pemanasan Asian Games 2018 berlangsung. Perangkat baru ini ditempatkan di ruangan “KAKA” berukuran 10 meter x 15 meter yang ada di lantai dasar Markas INASGOC di Senayan, Jakarta Pusat.

Di dalamnya ada 24 monitor dioperasikan tenaga profesional yang diambilkan dari karyawan INASGOC, 16 televisi berukuran 32 inch nempel di kanan-kiri dinding mengapit layar berukuran jumbo. MOC yang bersebelahan dengan Center Operation Command (COC) merupakan ruang kendali dan pemantau INASGOC untuk Games Operation, Administration, Support, dan Security.

“Dalam rangka menyambut invitation tournament sebagai ajang test event, MOC ini diresmikan dan menjadi pusat kontrol seluruh kegiatan terkait Asian Games. Informasi yang tersedia di MOC ini sangat penting karena semua terpantau langsung dan bisa diambil tindakan jika terjadi sesuatu yang penting,” terang Jusuf Kalla yang saat peresmian didampingi Ketua KONI Tono Suratman, Ketua KOI yang juga Ketua INASGOC Erick Thohir, Wakil Ketua INASGOC Syafrie Syamsudin, CdM Asian Games Komjen (Pol) Syafruddin, dan Sesmenpora Gatot Dewa Broto.

Jusuf Kalla yang juga Wakil Presiden RI ini menjelaskan, MOC bisa memantau kegiatan tidak hanya di Senayan tapi juga sampai di airport. Semua bisa dikontrol. Siapa naik mobil apa, plat nomornya berapa, akses yang akan dilalui macet atau tidak. Jika ada kecelakaan, terjadi di mana. Peralatan ini juga menjangkau di athlete village.

Ditambahkan Direktur IT dan Telekomunikasi INASGOC Edi Prabowo, untuk meng-cover semua kegiatan atlet dan ofisial kontingen juga masyarakat di area venus Asian Games 2018 pihaknya menggandeng bendera instansi. Tujuannya memanfaatkan kamera yang sudah terpasang untuk bisa diakses. (kmd)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Kamis (1/2).

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!