Serunya Lomba Egrang di Kabupaten ini

Peserta lomba egrang di Muara Enim. foto: gitte wijaya sumeks.co.id

MUARA ENIM – Di era serba digital sekarang ini, permainan tradisional mulai ditinggalkan. Generasi muda terlena dan melupakan berbagai manfaat yang terkandung dalam permainan tradisional. Tak ingin permainan tradisional tersebut begitu saja dilupakan, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Muara Enim berupaya menghidupkan kembali permainan itu dengan cara mengadakan perlombaan tradisional, salah satunya egrang.

Perlombaan yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Muara Enim, Senin (6/8), disambut antusias peserta maupun penonton. Gelak tawa suporter dan penonton pecah ketika ada peserta yang terjatuh dari atas egrang yang ditunggangi. Sementara tepuk tangan begitu meriah saat peserta berhasil menguasai permainan yang kini sudah jarang terlihat itu.

“Seru sekali, egrang ini permainan saya masih kecil. Meski sulit, tapi senang saat bisa menaikinya. Jadi mengenang masa-masa kecil dulu,” kata Aris (35), salah satu peserta.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Muara Enim, Rusdi Hairullah menjelaskan, olahraga tradisional ini diadakan dalam rangkaian menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Kabupaten Muara Enim. (way)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!