Si Bossy Bikin Keki

Punya temen yang banyak itu emang enak banget loh, apalagi kalo teman yang bisa diajak bertukar pengalaman, saling memperhatikan, menghargai dan hobi ngebantuin. Tapi gimana kalo ada teman yang cenderung punya sifat bossy alias sok jadi bos? Banyak dari kita yang punya pengalaman seperti itu. Memilliki teman yang baik, tapi yang punya sifat dominan dalam pertemanan dan suka berperan jadi bos kecil dalam lingkaran pertemanan kita. Nah, Zetizen hari ini bakal batas tuntas tentang teman otoriter alias ngebossy. So, let’s check this out!

Setiap orang memang memiliki sifat yang berbeda-beda mulai dari sisi positif maupun negatifnya termasuk lingkungan pertemanan yang bakal kalian jumpai mulai dari berbagai sifat hingga karakter seseorang. Nah, salah satu sifat yang sering banget bikin kita badmood ketika punya temen yang otoriter alias ngebossy banget. Duhh, ini nih yang suka bikin keki.
Seseorang yang memiliki sifat otoriter merupakan orang yang memiliki rasa percaya diri lebih. Hal inilah yang membuat mereka akan berlaku lebih dominan dibandingkan orang-orang disekitarnya dan ini sering banget buat kalian nggak nyaman ketika bareng mereka. “Dalam lingkaran pertemanan mereka merupakan sosok yang berusaha dominan, menguasai, mengontrol dalam kelompok” Ujar Gonny T. Wicaksono, M.Psi yang merupakan seorang psikolog.
Nah, istilah ngebossy atau otoriter ini diperuntukkan bagi mereka yang suka menyuruh atau memerintah orang lain sesuai dengan kemauannya bahkan sebagian mereka kurang memiliki tenggang rasa. Biasanya orang yang bossy memiliki sifat kurang peka, egoistis (mengutamakan kepentingan sendiri) dan egosentris (menempatkan diri sebagai pusat perhatian). Sikap seperti ini bisa dimiliki siapa saja, tanpa melihat status, strata dan dari kalangan manapun.
Banyak hal yang menyebabkan mereka berlaku ngebossy lho. Mulai dari pola asuh, role model, percaya diri yang berlebihan, ketakutan kurang perhatian, keinginan untuk dominan atau menguasai suatu kelompok atau lingkaran pertemanan.
Emang nggak mudah menghadapi temen yang ngebossy. Tapi, tenang aja generasi Z ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan dalam mengatasinya. “Mungkin bisa kita lakukan dengan mengajak dia untuk mendiskusikan persoalan yang dihadapi kelompok saat ia mulai berlaku otoriter. Yah, menurut aku nggak apa buat negur teman kita karena untuk kebaikan sesama, karena nggak selamanya kita menahan perasaan terhadap tingkah yang dia lakukan yang semena-mena gitu” Uucap Citra Putri Hasniawati, UIN Raden Fatah Palembang
Nah, kalo udah ngerasa nggak sanggup lagi nih dalam menghadapi teman yang ngebossy dan udah kelewatan gitu, walaupun segala cara sudah kalian tempuh untuk menghadapi mereka. Generasi Z bisa mulai memikirkan untuk beraluh mencari teman yang lain, yang membuat kita nyaman dan mengerti posisi kalian juga, Ok!.

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!