Si Tukang Tumpuk

Kelakuan yang nyeleneh seperti hobi banget menyimpan barang yang terkadang gak berguna banget hingga gak mampu untuk membuangnya. Apakah kalian pernah melihat orang-orang tersebut? Bisa saja orang tersebut sedang mengalami gangguan mental yaitu Hoarding Disorder. Nah, kali ini bakalan ngebahas apa sih Hoarder itu. Cekidot! (imp)
Apa sih hoarder itu? Hoarder adalah orang yang sedang mengalami gangguan yang sering disebut penimbun alias para generasi Z yang suka menumpuk barang dimana saja, bahkan yang tak terpakai sekalipun. Nah, untuk hoarding disorder sendiri disebut juga gangguan loh yang mana si penderita menyimpan ataupun menumpuk harta benda mereka sehingga sulit untuk membuang benda tersebut. Padahal kan belum tentu benda itu punya nilai yang berharga. Tapi, masih aja disayang-sayang. Ada kesulitan dalam diri untuk membuang benda tersebut, terlepas besar kecil nilai dari benda tersebut.
Apakah perilaku ini mengganggu orang lain? Tentunya sangat menganggu. Karena mereka akan menyimpan barang didalam ruangan layaknya ruang tamu, kamar,hingga kekamar mandi. Wah kalo gini kan pergerakan didalam rumah akan sangat terbatas. Gak cuman itu guys, ini juga akan mengundang binatang-binatang kotor seperti tikus atapun lalat. Lalu akan meningkatkan resiko kebakaran, tersandung, dan lain-lain.
Resikonya ya itu, hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan dan mengakibatkan pergerakan di dalam kamar ataupun rumahmu terbatas. Rumah berantakan akan membuat hoarder merasa malu sehingga gak bakalan menerima tamu kedalam rumahnya. So, gangguan ini bakalan menyebabkan terganggunya aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan sosial contohnya lingkungan masyarakat dan pekerjaan. Kalo gini terus, tetangga bakalan gak tau kamu itu siapa? atau orang lain bakalan susah menemui kamu saat dirumah. Karena gak mau menerima tamu. Gawat!
Perlu kalian tahu nih, orang yang mengalami Hoarding Disorders punya ciri-ciri diantaranya terus menerus kesulitan untuk membuang barang terlepas dari nilai guna atau tidak berguna barang yang mereka simpan. Mereka merasa akan mengalami masalah jika membuang barang-barang yang mereka simpan atau timbun.
Hoarding sendiri punya banyak macamnya lho guys, seperti book hoarding. Orang yang seneng banget membeli buku lalu menyimpannya tapi gak dibaca. Pas mau didonasikan, mereka bakalan mikir dua kali untuk donasikan buku mereka. Lalu, Animal hoarding yaitu orang yang punya gangguan hidup dengan banyak binatang peliharaan dan gak dipelihara dengan baik, hingga menyusahkan seisi rumah.
Yuk, kalian yang punya gangguan ini ataupun nggak, cobalah untuk memberikan space ruangan rumah kalian agar lebih berguna. So, rumah bisa lebih nyaman jika hanya diisi dengan barang-barang yang berguna. Let’s do it!

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!