Siagakan Pemadaman Karhutla

434
PASUKAN: Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang, Palembang, Kolonel Pnb Ronald Siregar, memeriksa pasukan pada upacara peringatan HUT ke-71 TNI AU, di lapangan Gedung Bima Saksi Convention Center, (9/4). FOTO: LANUD PALEMBANG FOR SUMEKS

PALEMBANG – TNI AU memperingati hari jadi ke-71 Minggu (9/4). Modernisasi alat utama sistem pertahanan (alutsista), masih kendala anggaran. Keterbatasan, membuat luas wilayah Indonesia masih ada yang belum tercover.

“Dalam hal ini, kami butuh support masyarakat dalam memodernisasi alutsista,” ujar Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang, Palembang, Kolonel Pnb Ronald Siregar ST MM, kemarin.

Sementara itu di Sumsel, juga rawan bencana alam. Helikopter sangat membantu, dalam operasi kemanuasiaan. Termasuk menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan. “Kami siap menyiagakan pemadaman. Tapi yang paling penting, imbauan kepada masyarakat mencegah karhutla,” katanya.

Terpisah, dalam peringatan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kepala Staf TNI AU (KASAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menegaskan TNI AU komitmen mendukung pembangunan nasional, di antaranya dengan membangun tol udara.

Menurut Hadi, pembangunan tol udara merupakan salah satu upaya institusi yang dia pimpin untuk hadir di antara masyarakat. Bukan hanya melalui aspek pertahanan. Melainkan juga lewat pembangunan. “Peran TNI AU harus seiring dan sejalan dengan visi dan misi pemerintah yang dirumuskan dalam Nawacita,” katanya.

Sementara itu , memodernisasi angkatan udara disadarinya butuh anggaran besar. Namun, Hadi menegaskan bahwa ada poin penting lain yang wajib menjadi perhatian. ”Prajurit yang berjiwa kesatria, militan, loyal, dan profesional,” kata dia.

Baca Juga :  Salat Jumat di Hutan, Prajurit TNI Kebanjiran Doa dari Netizens

Sementara itu, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi kemarin sore mendatangi Base Ops TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma. Dalam kunjungan singkat itu, Presiden mencoba menaiki sejumlah pesawat tempur yang terparkir. Salah satunya Sukhoi 27/30 Flanker.

Dari balik kokpit. Presiden menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada para prajurit TNIAU. “Terima kasih telah menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah udara NKRI,’’ ujarnya. (qiw/byu/syn)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!