Siapkan Tarian Sambut Tamu AG

PALEMBANG – Tari, salah satu kekayaan budaya Palembang bakal dipertunjukan kepada tamu Asian Games 2018 dari 45 negara nanti. Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Teguh, mengatakan, dua tarian Palembang bakal jadi bagian dari Asian Games, yakni Tari Gending Sriwijaya dan Tari Tanggai.
“Keduanya menjadi tarian untuk menyambut tamu Asian Games. Untuk tarian lainnya masih belum bisa dipastikan karena masih menunggu persetujuan wali kota,” terangnya kepada koran ini, kemarin (6/7). Selain 2 tarian tersebut, Palembang juga mengusulkan satu tarian baru yaitu Tari Mapak Palembang Darussalam. “Kalau sudah disetujui Wali Kota, tarian ini baru bisa disiapkan untuk Asian Games,” tuturnya.
Dikatakan, jika Gending Sriwijaya dan Tanggai khas Palembang,tari Mapak Palembang Darussalam sendiri lebih banyak mengambarkan kejayaan Kesultanan Palembang Darussalam. “Tari baru ini diciptakan untuk memperkenalkan kebudayaan Palembang saat kejayaan masa kesultanan. Kalau Gending Sriwijaya dan Tanggai itu lebih menceritakan kejayaan Kerajaan Sriwijaya,” jelasnya.
Tak heran, jika Tari Mapak pun menggunakan baju atau seragam tari, bentuk gerakan, dan lainnya memang khas kesultanan Darussalam. “Pembuatan tari baru ini sudah kami proses bulan lalu, dan diajukan untuk jadi tarian di Asian Games seperti untuk tarian selamat datang,” paparnya.
Dalam persiapannya, tari ini melibatkan seniman atau budayawan Palembang. Penarinya juga sudah diseleksi dengan 7 orang penari laki-laki dan perempuan, dan musik sudah dirangcang. “Karena sebagai tari selamat datang, pertunjukannya lebih pas dibawakan di outdoor, sebab secara gerakan tari ini lebih ekspresif,” bebernya. Tari ini dibuka dengan “terbangan” dulu, kemudian berganti musik lainnya dan tari.
Rencananya tarian ini mau ditampilkan dulu saat pembukaan Cafe De Burry museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, 15 Juli nanti. “Tarian lain mungkin ada tapi belum kita hitung berapa banyak. Bisa dari daerah lainnya untuk sambut Asian Games 2018,” pungkasnya. (cj10/fad/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!