Sidang ASN Bolos, Lanjut Silaturahmi

Iustrasi

PALEMBANG – Libur dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1438 H, tergolong cukup lama. Selama 10 hari, mulai 23 Juni hingga 2 Juli. Aparatur sipil negara (ASN) sudah dilarang menyambung cuti, apalagi sampai liburnya mengaret. Masih tidak masuk kerja pada Senin (3/7) mendatang.

“Seluruh ASN harus masuk Senin nanti,” tegas (Plt) Sekda Provinsi Sumsel Joko Imam Sentosa, kemarin. Bagi yang izin sakit, harus melampirkan keterangan dari dokter. “Tapi ‘kan nggak mungkinlah, kan sudah libur panjang,” tukasnya.

Ditegaskannya, hari pertama masuk kerja nanti, tim gabungan akan melakukan inspeksi mendadak (sidak). Mulai dari Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Kepegawaian Daerah, dan Inspektorat, ke satuan kerja perangkat dinas (SKPD) di lingkungan Pemprov Sumsel. “Bagi ASN yang kedapatan tidak masuk, tentu ada sanksi sesuai aturan,” tegasnya.

Pelanggaran tersebut akan diteliti selama dia menjadi ASN, setelah itu akan ditindaklanjuti oleh kepala SKPD masing-masing sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 53/2010 tentang Displin Pegawai. “Tahun lalu, masih ada ASN yang tidak masuk tanpa keterangan. Ada juga yang tidak masuk, dengan keterangan dinas keluar kota dan sakit,” ungkapnya.

Diingatkannya, agenda hari kerja pertama adalah bersilaturahmi dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, beserta staf dan jajaran Pemprov Sumsel. Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daeah (BKD) Provinsi Sumsel H Muzakir, menambahkan hari pertama kerja dilakukan pengecekan di lingkungan Pemprov Sumsel. “Ada tim yang sudah dibentuk untuk mengecek pegawai. Pegawai yang tidak masuk dan datang terlambat, akan ketahuan,” tegasnya. (yun/air/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!