Soroti Fasilitas Publik JSC

Tinjau; Tim Ombudsman RI saat meninjau fasilitas olahraga di JSC, kamis (15/3). Foto: Budiman/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Perhelatan pesta olahraga tersebar se-Asia, Asian Games XVIII merupakan hajatan besar. Yang mempertaruhkan nama baik Indonesia khususnya di kancah Asia.
Tak ingin menunggu menerima laporan, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) berinisiatif melihat secara langsung progres pembangunan sejumlah fasilitas publik yang tengah dibangun guna mendukung kesuksesan Asian Games.
“Dimulai dari sini, kami ingin melihat dari dekat progres pembangunan fisik sejumlah fasilitas publik untuk Asian Games,” ungkap anggota ORI, Prof Adrianus Eliasta Meliala,M.Si,M.Sc, PhD disela-sela peninjauan venue olahraga di kawasan Jakabaring Sport City (JSC), kemarin (15/3).
Jadi, lanjut dia pihaknya tidak masuk pada substansi acara. Melainkan melihat sejauh mana agar publik mulai dari tamu, atlet official dan masyarakat yang ingin menyaksikan even ini bisa nyaman. “Tidak merasa terasingkan akibat ketidaklengkapan fasilitas publik dan penunjangnya,” imbuhnya.
Di kesempatan itu, Adrianus yang turut didampingi Plt.Kepala Perwakilan Ombudman Sumsel, Astra Gunawan melihat dari dekat loket tiketing penonton di Stadion Gelora Sriwijaya. Yang rencananya bakal dijadikan sebagai salah satu venue pada Asian Games mendatang untuk cabang olahraga sepakbola wanita.
Selain meninjau stadion Gelora Sriwijaya, Adrianus juga melihat sejumlah venue dan fasilitas publik yang ada di JSC. Seperti venue menembak, venue dayung termasuk meninjau gedung klinik kesehatan yang bakal dipergunakan saat Asian Games.
“Hasil dari kunjungan ini akan kami bawa ketika rapat dengan memanggil pihak INASGOG. Sekaligus memberikan stressing khususnya terhadap pembangunan sejumlah fasilitas publik yang belum diselesaikan harus selesai tepat waktu,” imbuh guru besar hukum pidana Universitas Indonesia (UI) ini.
Dalam kunjungan tersebut, diterima oleh Drs Rusli Nawi selaku pengawas keamanan, kebersihan dan ketertiban JSC. “Saat ini tengah dilakukan pembangunan sekaligus perbaikan sejumlah venue. Dan fasilitas pendukung untuk Asian Games yang hanya tinggal sekitar lima bulan lagi,” sebut Rusli. (kms/gsm)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!