Sukseskan GPN, Tabanan tak Mau Kalah dengan Klungkung

GPN di Tabanan. foto: istimewa

TABANAN – Kabupaten Tabanan, Bali, tidak mau kalah dengan Kabupaten Klungkung dalam
hebohkan pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017. Mereka total mensukseskan program unggulan Kemenpora dalam menggairahkan olahraga ke pelosok negeri dengan tagline “Ayo Olahraga”. Mengingat, GPN tidaknya hanya mengajak masyarakat sehat tapi juga memupuk rasa nasionalisme dalam menjaga NKRI.

Wujud dari menjaga NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika bisa dilihat dari pengambilan tanah dan air dari setiap daerah yang disinggahi GPN. Kemudian, tanah dan air dari 90 daerah ini disatukan di Magelang pada 9 September mendatang. Untuk di Tabanan, pengambilan tanah dilakukan di pura Batukaru sedangkan air diambil di pura Ulun Danu Beratan, dari tengah danau beratan oleh pemuka adat dan pemangku kebijakan setempat.

Keanggunan pura Ulun Danu terlihat jelas dalam prosesi pengambilan tanah dan air yang diawali dengan ritual adat setempat di mana ribuan warga bahkan turis asing yang tengah menikmati pesona pura Ulun Danu juga menyaksikan prosesi pengambilan tanah dan air di pura yang pernah menghiasi uang 50 ribu rupiah itu, sehingga ritual tersebut tak luput dari bidikan para turis asing.

“Wow… amazing, sebelumnya saya tidak tahu jika ada kegiatan seperti ini di pura Ulun Danu. Saya sangat beruntung mampu mengabadikan momen ini yang menggabungkan olahraga dengan pariwisata serta pereratan negara kesatuan Republik Indonesia. Saya belum pernah melihat seperti ini di negara lainnya,” tutur Jordan Fritz, turis mancanaegara asal Inggris itu Jumat (28/7).

Baca Juga :  Dalam Hitungan Menit, Lima Rumah Rata dengan Tanah

Sementara itu, Kabid Pembinaan Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga Kemenpora dr I Nyoman Winata Spko pasca prosesi pengambilan tanah dan air mengatakan dirinya sangat mengapresiasi keantusiasan warga Tabanan dalam rangkaian perheltan Gowes Pesona Nusantara ini.

“Saya sangat terharu dengan masyarakat Kabupaten Tabanan yang terlibat dalam prosesi pengambilan tanah dan air di pura Ulun Danu. Melihat hal tersebut saya sangat meyakini jika pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara pada hari Minggu mendatang akan diikuti oleh ribuan orang juga,” tutur I Nyoman Winata,

Setelah pengambilan, tanah dan air itu akan disemayamkan di area pura kantor Bupati Tabanan yang akan diserahkan tanggal 30 juli mendatang saat gowes di Tabanan, acara akan dimeriahkan musik khas Tabanan okokan.(kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!