Sungai Meluap, Puluhan Rumah Terendam

154
MELUAP: Hujan deras yang mengguyur Muara Enim, Kamis (13/4), sempat membuat puluhan rumah terendam banjir. FOTO: INTERNET

MUARA ENIM- Derasnya guyuran hujan Kamis (13/4) pagi hingga siang membuat Sungai Meo meluap. Debit air yang semakin tinggi membuat air menyebar dan masuk ke rumah warga di Desa Muaradua, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL).
Air setinggi lutut orang dewasa merendam puluhan rumah bukan panggung. Terutama yang berlokasi di pinggiran bantaran sungai. Sedang yang rumah panggung tak sampai terendam.
Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan melalui Kapolsek Semende AKP Nusirwan mengatakan, memang ada banjir dadakan yang terjadi Kamis pagi hingga siang. “Tidak lama, hanya sekitar tiga jam,” ucapnya.
Dia menjelaskan, lokasi meluapnya air sungai itu memang dataran rendah, bukan wilayah bukit. Setelah air surut, rumah-rumah warga tak lagi. Meski begitu, tersisa lumpuh yang mengotori rumah.
“Tidak ada yang rusak, saat ini semua sudah normal,” jelasnya. Air sungai meluap karena parit di sekitar bantaran sungai banyak sampah.
Saat curah hujan tinggi, air tidak tertampung hingga muncul banjir dadakan. Sekilas seperti banjir bandang.
Camat Semende Darat Laut (SDL) Fauzi mengakui terjadinya luapan air sungai yang menggenangi puluhan rumah warga. “Tidak ada korban jiwa dan kerusakan yang berarti,”ungkapnya sembari menegaskan kalau itu bukan banjir bandang.
Kepala BPBD Muara Enim M Thasman melalui Sekretaris Agus
Fahrurrozi mengatakan, pihaknya belum mendapat laporan terkait banjir
akibat sungai Meo meluap. “Informasinya, banjir itu cuma numpang lewat saja, bukan masuk kategori banjir parah,” katanya.(roz)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!