Suplemen Hanya Tambahan Asupan

Ilustrasi

PALEMBANG – Saat ini banyak sekali berbagai jenis produk suplemen kesehatan yang beredar. Suplemen artinya tambahan asupan bagi tubuh. Artinya, suplemen untuk melengkapi atau menambah asupan makan. Lalu apakah meminum suplemen setiap hari baik bagi tubuh?
Dokter spesialis penyakit dalam, Dr dr H Zulkhair Ali SpPD K-GH FINASIM menjelaskan secara umum suplemen mengandung zat gizi berbentuk mikronutrisi. “Seperti vitamin, zat besi, zinc, seng dan sebagainya,” kata Zulkhair, kemarin (7/9).
Gunanya untuk menambah vitalitas tubuh, memenuhi kebutuhan nutrien-nutrien penting yang diperlukan agar tubuh berfungsi dengan baik. Bisa dikatakan suplemen dapat menunjang kesehatan secara umum. “Yang perlu diingat, suplemen bukan ditujukan sebagai pengganti obat-obatan,” ujarnya.
Meski bukan obat, suplemen juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit. Suplemen juga bukan pengganti makanan sepenuhnya. “Sebetulnya suplemen dianjurkan bagi orang yang beraktifitas tinggi, pendamping olahraga, pada saat cuaca kurang stabil,” imbuhnya.
Dia mengatakan tubuh membutuhkan kandungan yang ada pada suplemen, meski tidak banyak. Ketika mengonsumsi suplemen lebih banyak atau berlebihan, tubuh tetap menggunakannya sesuai kebutuhan. Artinya sisa dari kebutuhan tubuh akan dibuang lewat sistem pebuangan. “Makanya minum suplemen 1 kali sehari atau lebih, tetap aman” ujarnya.
Namun produk suplemen sebenarnya bisa juga diganti dengan cara hidup sehat. Seperti mengonsumsi buah dan sayur. “Kadang masyarakat kita ada yang kurang konsumsi buah dan sayur. Contohnya bisa diperhatikan pada menu makanan, dalam satu piring hanya beberapa persen sayur, sisanya karbohidrat,” kata dr Zulkhair lagi. Seharusnya, dalam suatu porsi makanan itu terdapat menu seimbang lengkap dengan karbon hidrat, protein, nabati, hewani, dan multivitamin. (cj17/fad/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!