Tahun Ini, 8 Hotel Baru Hadir di Metropolis

Hotel Aston Palembang yang berdiri megah di Jl Basuki Rahmat. Rencananya tahun ini di Kota Palembang bakal bertambah 8 hotel baru dan semuanya hotel berbintang. Foto: Kris Samiaji/Sumeks

PALEMBANG – Persaingan di bisnis hotel bakal benar-benar ketat di Metropolis. Pasalnya, tahun ini saja, bakal ada 8 hotel baru yang siap hadir di Metropolis. Tak tanggung, sejumlah hotel yang berekspansi di 2018, semuanya kategori hotel berbintang.

Ketua Perhimpunan Restoran Hotel Indonesia (PHRI) Sumsel, Herlan Asfiudin, memastikan tahun ini ada beberapa hotel baru yang akan meramaikan bisnis hotel di Palembang meskipun ia merahasiakan nama-namanya. “Ada 5 sampai 8 hotel baru. Semuanya hotel berbintang dengan grade, mulai bintang 2, 3, 4, hingga 5,” terangnya, kemarin (7/1).

“Salah satu hotel yang dalam waktu dekat bakal opening adalah Santika Premiere, dekat Bandara SMB II. Perkiraan di akhir Februari nanti,” imbuhnya. Selain itu, lanjut dia, jaringan hotel Harper by Aston dengan grade bintang 4 dan hotel lainnya yang masih masuk jajaran hotel berbintang.

Herlan menyebutkan, gencarnya ekspansi hotel baru di Palembang karena adanya momen Asian Games di 2018. “Itu merupakan salah satu target. Tapi, ini sebenarnya juga permintaan pasar,” lanjutnya.

Terpisah, General Manager (GM) Hotel Aston Palembang, Muhaimin mengungkapkan, memang momentum Asian Games 2018 menjadi trigger hotel-hotel bermunculan. Bahkan, terkesan disegerakan untuk selesai sebelum penyelenggaraan event tersebut. Namun, pasca-Asian Games, perlu dipikirkan, jangan sampai supply dan demand-nya tidak berimbang sehingga akan terjadi perang tarif karena oversupply kamar.

Baca Juga :  Dana ISG Total Rp 10 Miliar

“Kebanyakan kamar ketimbang yang membutuhkan kamar tersebut. Karena itu, pemerintah juga harus memikirkan. Kalau perang tarif terjadi, berarti sudah tidak sehat. Alasan ini juga yang dilakukan di Pemerintah Daerah Jogjakarta sehingga izin pembangunan hotel di sana disetop,” pungkasnya. (cj10/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!