Tak Beri Slip Gaji, Disanksi

3
Ilustrasi

PALEMBANG – Slip gaji wajib diberikan ke setiap karyawan, baik sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun swasta. Ini agar mereka bisa mengetahui nominal serta kewajiban biaya yang harus dibayar. Namun, hal ini tidak dilakukan oleh setiap perusahaan.
Kepala Seksi Syarat Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang Afick mengatakan, ada sebagian perusahaan yang tidak mau memberikan slip gaji karyawannya. “Ini berdasarkan laporan karyawan yang datang pada kami,” bebernya saat ditemui di ruangan kerjanya, kemarin (16/6).
Lanjut dia, padahal karyawan perlu mengetahui dan mendapat slip gaji tersebut. Karena di dalam slip gaji tercantum beberapa komponen, seperti upah gaji pokok dan jaminan kesehatan. Kalau tidak diserahkan slip gajinya, bisa menyusahkan karyawan. Seperti pembayaran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang wajib dilakukan setiap karyawan.
Masih kata dia, minimal karyawan atau ASN menerima soft copy slip gaji. Ini sesuai dengan Pasal 17 Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 Tahun 2015. “Kalau masih tidak diberikan, kita dari Dinas Tenaga Kerja dapat menjatuhkan sanksi kepada perusahaan tersebut,” tandasnya. Sanksi tersebut bisa berupa administratif atau denda.
Karena itu, lanjut Afick, dirinya mengimbau kepada perusahaan maupun badan, dinas, dan lembaga pemerintah untuk memenuhi kewajibannya kepada ASN atau karyawannya. “Apalagi sekarang teknologi semakin memudahkan pekerjaan. Jadi, slip gaji bisa dikirim melalui e-mail,” pungkasnya. (uni/ce4)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!