Tak Miliki KTP Elektronik, Warga Bisa Gunakan Hak Pilih

Ilustrasi. foto: dok sumeks.co.id

KAYUAGUNG – Kendati belum memiliki KTP elektronik, masyarakat juga tak perlu takut kehilangan hak pilihnya. Lantaran bila sudah memegang Surat Keterangan (Suket), Kementerian Dalam Negeri melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Komering Ilir menyatakan bahwa masyarakat tetap bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada 2018 nanti.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) OKI, Cholid Hamdan menjelaskan bahwa penggunaan Suket untuk mencoblos adalah sah. Hingga kini total Suket yang dikeluarkan Disdukcapil OKI mencapai 35.298. Suket itu dikeluarkan bagi warga yang telah melakukan perekaman dan berlaku sebagai  KTP elektronik sementara.

“Suket itu menandakan sudah direkam namun belum cetak KTP elektronik karena ketersediaan blangko. Jumlah itu bisa berubah karena Suket hanya berlaku selama 6 bulan,” jelasnya.

Terkait pencetakan KTP Elektronik di Kabupaten OKI, menurut Cholid saat ini menyisakan 58 ribu warga belum memiliki KTP elektronik. Permasalahannya karena ketersediaan blangko dari pusat.

“Totalnya ada 58 ribu yang belum tercetak. Kemarin kita dapat 10 ribu blangko. Jadi ada 48 ribu lagi. Target kami sekarang menuntaskan perekaman yang sudah hampir tuntas seratus persen dan mengebut pencetakan KTP elektronik bagi warga yang sudah melakukan perekaman,” jelasnya. (gti)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!