Tak Tertampung, Pilih Swasta

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel Drs Widodo MPd

PALEMBANG – Tadi malam (5/7) sekitar pukul 19.00 WIB, telah diumumkan hasil Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK tahun akademik 2018-2019. Pengumumannya melalui website sekolah dan di sekolah tujuan.
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel Drs Widodo MPd mengatakan, bagi sekolah yang telah memiliki web, pengumuman bisa dilakukan secara online . “Calon siswa juga bisa mengecek ke sekolah yang dituju,” katanya saat ditemui Sumatera Ekspres, kemarin.
Penilaian berbeda, lanjut dia, juga dilakukan saat hasil tes. Untuk SMPN Non- U Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), penilaiannya bobot rapor 15 persen, nilai tes 60 persen, dan UN 25 persen. Sementara SMPN yang menyelenggarakan UNBK, maka bobot nilai rapor 20 persen, nilai tes 50 persen, dan nilai UN 30 persen.
“Peserta didik yang dinyatakan lulus wajib melakukan registrasi ulang atau daftar ulang. Bagi yang tidak mendaftar ulang pada batas waktu telah ditentukan, dinyatakan mengundurkan diri,” sambungnya.
Mengingat kuota atau daya tampung terbatas, Widodo berpesan kepada peserta didik yang tidak tertampung di SMAN/SMKN segera memilih sekolah swasta. “Masih banyak SMA dan SMK swasta di Palembang. Tidak ada perbedaan negeri dan swasta. Semua sekolah pasti mempunyai pelayanan ingin mencerdaskan anak didiknya. Jadi jangan khawatir bila ada siswa tidak masuk di SMAN atau SMKN,” tuturnya seraya menjelaskan rombongan belajar (rombel) SMAN/SMKN maksimal 36 siswa per kelas.
Di Kota Palembang, tercatat 23 SMAN dan 95 SMA Swasta. Sedangkan SMKN ada 9 sekolah dan 57 SMK swasta. “Terkait siswa yang tak bisa tercover di sekolah negeri, asal ada kemauan untuk melanjutkan pendidikan, pasti ada jalan,” tegasnya.
Tantangan bagi swasta, ungkap dia, para orang tua tidak lagi berpikir untuk selalu menyekolahkan anaknya ke sekolah negeri, “Swasta harus berpikir bagaimana agar orang tua tidak selalu berpikir untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah negeri. Sebab masih banyak sekolah swasta yang tak kalah bagusnya,” tandasnya.
Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdik Kota Palembang Drs H Herman Wijaya MSi mengatakan, lulusan SMP 2018 mencapai 15.744 orang. “Lulusan tersebut berasal dari SMP negeri dan swasta,” ucapnya. (nni)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!