Tampung Limbah 50 KK

DIRESMIKAN: Peresmian dan peninjauan IPAl oleh Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, Selasa (30/1) siang.Foto: Adi/Sumatera Ekspres

PALEMBANG- Persoalan limbah rumah tangga yang selama ini dialami warga Rt 4 Kelurahan Talang Betutu Kecamatan Sukarami sedikit terselesaikan. Pasalnya dengan sitem instalasi pengolahan air limbah (IPAL), limbah tadi dialirkan ke dalam pipa yang terhubung ke IPAL. Dari situ, air akan disaring sebanyak 4 kali sehingga bersih dan baru dikeluarkan.

“ Secara keseluruhan, di Kelurahan Talang Betutu ini ada dua Ipal yang dibangun. Setiap IPAL mampu menampung air limbah rumah tangga sebanyak 50 KK,” kata Tokoh Masyarakat Talang Betutu, Damstik SH di sela-sela peresmian dan peninjauan IPAl oleh Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, Selasa (30/1) siang.

Memang pada awal baru beroperasi, diakuinya warga mencium bau tidak sedap dari limbah ini. Namun secara perlahan, teratasi setelah dicampur obat ke dalam sumur penampungan.

“ Waktu belum di kasih obat, setiap hari warga mengeluhkan bau yang ditimbulkan IPAL tadi. Kalau sekarang sudah tidak bau lagi, bahkan airnya juga jernih,” terangnya.

Karenanya, setelah ini, di lokasi pembuangan hasil filterisasi limbah, pihaknya akan membuat kolam ikan yang hasilnya akan diperuntukkan warga sekitar.

“ Setelah disaring, airnya memang bersih. Bahkan dari hasil penelitian, ikan bisa hidup di dalamnya. Tapi kalau digunakan untuk mandi, warga belum berani,” tegasnya. (afi)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Rabu (31/1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!