“Tanggo Rajo” Kesultanan Palembang Darussalam Ditemukan

DITEMUKAN: Tangga Rajo yang ditemukan di pesisir Sungai Musi. Foto: Adi/Sumatera Ekspres

PALEMBANG- Bangunan kuno berupa “Tanggo Rajo” yang diduga sebagai bukti peninggalan zaman Kesultanan Palembang Darussalam yang dibangun sekitar abad ke 15-16 Masehi, ditemukan di Sungai Jeruju Rt 01 Kelurahan Kuto Batu. Bahkan untuk memastikan hal tersebut, Dinas Pariwisata Kota Palembang sudah menerjunkan tim ke lapangan tempat Tanggo Rajo tadi.

“ Iya benar mas, beberapa hari lalu tim kita mendapatkan laporan temuan tersebut. Nah agar informasi yang masuk tidak simpang siur, kita langsung menerjunkan tim. Baik dari dinas, tim pemerhati budaya dan sejarah ke lokasi. Memang, setelah kita tanya ini dibenarkan oeh tokoh masyarakat setempat,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/9).

Sultan Iskandar
Mahmud Badaruddin III

Bahkan diakuinya, melihat dari bentuk dan arsitektur dari Tanggo Rajo, mirip dengan makam dari Ki Gede Ing Suro yang berada di Kelurahan 1 Ilir yang diperkirakan berusia sekitar 400-500 tahun lalu atau abad ke 15-16 Masehi.

“ Ini tempat atau tangga raja atau Sultan untuk naik dan turun ke kapal kerajaan. Karena memang, disinyalir pusat atau keraton kerajaan berada di pesisir Sungai Musi. Ini bukti sejarah yang sangat jelas yang masih tersisa. Saya berharap, ini bisa ditindakalnjuti sebagai cagar budaya dan Dinas kebudayaan Kota Palembang untuk penelitian lebih lanjut dan masuk dalam rencana pemugaran,” tegasnya. (afi)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Kamis (13/9)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!