Target Sebulan Selesai

BONGKAR- Petugas dari Dinas PU PR tengah membongkar besi penahan di sekitar jalan belakang Monpera yang akan dilebarkan. Foto: Alfery/Sumatera Ekspres

PALEMBANG-Kemacetan yang kerap terjadi di akses jalan alternatif dari depan RS dr AK Gani ke Skate Park, dalam beberapa pekan ke depan tidak akan terjadi lagi. Pasalnya, saat ini sedang dilakukan pekerjaan pelebaran jalan yang berada persis di belakang Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera).
“ Awalnya kita hanya meninjau lapangan saja, tapi kepalang tanggung ya sudah langsung kita kerjakan. Tapi untuk sekarang lebih pada membongkar besi pengamanan dan dinding penahan yang ada,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) Kota Palembang Ir A Bastari Yusak yang ditemui di sela-sela meninjau pelaksanaan pekerjaan, kemarin (13/2) siang.
Dijelaskan Bastari, selama ini di lokasi yang akan dilebarkan ini hanya muat untuk ukuran satu mobil dan becak, sehingga membuat macet. Belum lagi akses jalan perputaran menuju ke Benteng Kuto Besak (BKB) akan ditutup dan dipasang mesin parkir atau portal. Sehingga, pekerjaaan ini harus selesai secepat mungkin. “Walaupun dikejar waktu, kita optimis sebelum sebulan, pekerjaaan ini sudah rampung,” tambahnya.
Target pengerjaan pelebaran jalan ini adalah selama sebulan. Yang tersulit, kata Bastari, adalah memindahkan utilitas lampu jalan ataupun prasasti besar yang ada di belakang Monpera tadi. Untuk teknis lapangan, nanti jalan ini akan dibuat untuk dua kendaraan dengan lebar sekitar 8 meter dan panjang 103 meter. “ Anggaran pelaksanaan di lapangan, semua berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) induk tahun 2018. Selain itu, pelebaran jalan ini sudah mendesak untuk dilakukan,” tegasnya.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang, Kurniawan mengatakan, selama pelaksanaan pelebaran jalan dimaksud, maka untuk sementara ada kemungkinan akses jalan tersebut diterapkan sistem buka tutup. Karena memang, ini dimaksudkan untuk pekerjaan bisa selesai tepat waktu. “Nantinya, setelah pelebaran selesai akan dibuka lagi. Tapi akses jalan lain akan kita tutup dan portal,” tegas mantan Camat Ilir Barat I tersebut.
Asisten III Setda Kota Palembang, K Sulaiman Amin menjelaskan, sesuai dengan usulan dan rencana pembangunan yang sudah dibuat, sekaligus mengatasi kemacetan, memang pekerjaan ini harus secepatnya dilakukan. Paling tidak, menjadi solusi bagi masyarakat yang melalui jalan tersebut. Belum lagi, di sekitar BKB disiapkan untuk kantong parkir dan dipasang portal. “Sehingga jalan ini satu-satunya untuk akses dari RS dr AK Gani menuju Pasar 16 Ilir,” tandasnya. (afi/lia)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!