Temukan Makam Tua dan Keris Kecil

MAKAM TUA - Salah seorang petani kebun di Dusun Tanjung Aro, perlihatkan nisan makam tua berada di kawasan Hutan Terlarang, Senin (18/9). Foto: Almi/Sumatera Ekspres

PAGARALAM – Petani berdomisili di Tertap Jarai yang membuka lahan persawahan di areal kawasan hutan terlarang, Dusun Tanjung Aro, Kelurahan Kuripan Babas, Kecamatan Pagaralam Utara dibuat terkejut.

Pasalnya, ditemukan makam tua yang terjejar di salahsatu areal kebun setempat. Setidaknya ada 4 makam tua di areal ini, tersebar di beberapa titik dan memiliki ukuran panjang berbeda-beda, dengan batu nisan yang mengarah ke Gunung Dempo. Selain makam tua, ditemukan besi kuning berbentuk keris kecil di sekitar lokasi makam.

“Awal menemukan makam tua, ketika hendak membuka areal lahan untuk pertanian disekitar kawasan Hutan Larangan. Ketika mata cangkul diayunkan ke tanah,menyentuh batu besar. Saat dibersihkan, ternyata sebuah nisan makam,” ujar Sarman Tanjung, warta Tertap Jarai yang berkebun di kawasan Dusun Tanjung Aro, hari ini (18/9).

Ditambahkan Sarman, saat membersihkan lahan, dirinya mendapati benda berbentuk keris kecil,dalam posisi tergeletak di tanah tertutup daun. “Kalau laporan dari masyarakat sekitar, kawasan Hutan Terlarang merupakan Dusun tua Tanjung Are Gunung Kahuripan Babas, bahkan masyarakat yang datang kesini kerap kali tersesat,” ungkapnya.  (ald)

Baca selengkapnya di Harian Sumatera Ekspres Selasa (19/9). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!