Terdata, 105 Hektare Lahan Hutan Terbakar

Foto udara waterboombing di wilayah Cinta Jaya, Pedamaran, OKI. Foto: Kris Samiaji/Sumeks

SUMSEL – Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten OKI, semakin diintensifkan. Asap semakin tinggi mengepul. Di hari keempat, kebakaran semakin meluas dan titiknya bertambah. Di lahan HGU PT Rambang Agro Jaya, Desa Cinta Jaya, Kecamatan Pedamaran saja diperkirakan sudah sekitar 105 hektare yang terbakar.

“Estimasi lahan yang terbakar ada 105 hektare, tapi ini masih perlu dilakukan pengukuran nantinya,” ujar Kepala Manggala Agni Daops OKI, Tri Prayogi SHut, kemarin (19/7). Menurutnya, untuk lahan gambut butuh moving up yang lumayan lama untuk pemadaman. Sebab di atas tidak terlihat api lagi, tapi di dalamnya masih terjadi pembakaran.

Itu baru yang di Desa Cinta Jaya saja. Belum termasuk yang di Desa Kayu Labu, Kecamatan Pedamaran Timur. Pemadaman tidak bisa hanya waterbombing dari dua helikopter saja, tapi juga melalui jalur darat. “Kalau yang di Desa Kayu Labu, berupa ratusan hektare lahan mineral milik warga. Gambutnya tipis, jadi bisa cepat dipadamkam. Ini terdeteksi juga dua titik api di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sungai Menang. Tapi belum tahu, milik warga atau bukan,” bebernya. (uni/sid/kos/air/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!