Terima Tawaran Real Madrid, Pelatih Timnas Spanyol Dipecat!

Julen Lopetegui berdiskusi dengan Sergio Ramos. Foto: REUTERS / Susana Vera

Jakarta – Kekacauan melanda tim nasional Spanyol sehari sebelum Piala Dunia 2018. Mereka memecat Julen Lopetegui, pelatih yang sudah menyiapkan tim selama dua tahun. Pemecatan itu diumumkan Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) pada Rabu (13/6/2018) atau tepat sehari sebelum Piala Dunia 2018 dimulai. Keputusan ini diambil tak lama setelah Lopetegui dinyatakan akan menangani Real Madrid selepas Piala Dunia.

Langkah Madrid dan keputusan Lopetegui itu kabarnya membuat Presiden RFEF Les Rubiales kecewa berat. Dia merasa dikhianati karena Lopetegui tak menginformasikan tawaran dari Madrid dan terlebih soal keputusannya menerima tawaran itu. Apalagi Lopetegui juga baru memperpanjang kontraknya dengan timnas Spanyol pada Mei lalu. Dia seharusnya memegang La Furia Roja sampai 2020 mendatang.

Usai memecat Lopetegui, RFEF menunjuk Fernando Hierro sebagai pelatih selama turnamen di Rusia berlangsung. Perubahan pelatih ini bagaimanapun memicu kekhawatiran tentang kans Spanyol. Tim ‘matador’ sebelumnya merupakan salah satu tim favorit juara. Di bawah Lopetegui, mereka tak terkalahkan di 20 pertandingan dengan 14 kemenangan dan enam hasil imbang. Tapi Spanyol kini tak lagi di tangan orang yang menyusun dan membentuk tim selama dua tahun terakhir.(int)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!