Terkejut Lihat Warga Dipasung

PASUNG: Udin yang dipasung keluarganya karena mengalami gannguan jiwa. Foto: Wiko/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Walikota Harnojoyo menyayangkan pemasungan masih terjadi di kota Palembang. Apalagi ia membuktikan sendiri usai melaksanakan Safari Subuh tadi pagi (5/6).

Beserta rombongan, orang nomor satu di Palembang itu mendatangi sebuah keluarga di kawasan Jl Ogan, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan IB I. Selain terkejut, Harnojoyo merasa pemasungan ini bukanlah merupakan solusi. Apalagi, di Palembang telah tersedia rumah sakit khusus untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Sehingga akan lebih baik jika warga yang mengidap gangguan jiwa dibawa untuk dirawat, bukan ditindak sendiri dengan cara dipasung.

“Bukan alasan, semestinya warga harus lebih sigap. Lurah dan Camat harus tahu masalah ini sehingga bisa kita atasi. Sebab, bagaimanapun warga seperti ini merupakan bagian dari kita,”ujar Harnojoyo.

Informasi yang dihimpun, Saparuddin atau Udin (45), sudah dipasung oleh keluarganya sejak 2002 silam. Pernah dilakukan pengobatan dan sempat sembuh, namun kembali mengalami gangguan. Keluarga yang tidak sanggup mengeluarkan biaya lagi akhirnya melakukan pemasungan terhadap Udin.

“Akan kita obati. Seperti apa nantinya, apakah akan dibuatkan ruangan khusus agar keluarga dan tetangga tidak khawatir, sehingga tidak lagi mengalami pemasungan,”tegas
Harnojoyo. (aja)

Baca selengkapnya di Harian Sumatera Ekspres Selasa (6/6).

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!