Tes Urine, Sopir Konsumsi Amfetamin

6
Tes urine terhadap sopir angkutan di Terminal Kayuagung, Senin (19/6). foto: agustriawan sumeks.co.id

KAYUAGUNG – Pemeriksaan urine digelar di Terminal Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Senin (19/6). Dalam pemeriksaan tersebut, salah satu sopir antarkota antar provinsi (AKAP), Bambang urinenya postif mengandung Amfetamin. Namun walaupun positif, sopir tetap diperbolehkan jalan.

Pemeriksaan yang digelar Dishub OKI menggandeng Satnarkoba, Satlantas, Dokkes Polres OKI, BNK OKI, dan Dinkes dilakukan dengan memeriksa urine seluruh sopir. Satu per satu sopir diperiksa surat maupun urine. Namun saat pemeriksaan terhadap salah salah satu sopir, ternyata urinenya mengandung Amfetamin.

Sontak, petugas gabungan melakukan pengecekan di dalam bus apakah ada barang- barang yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba, namun tak ditemukan. Sementara sang sopir, awalnya sempat menunjukan salah satu obat ke petugas medis. Namun obat yang ditunjukkan merupakan obat antibiotik dan tidak ada kaitannya dengan Amfetamin.

Barulah setelah sopir mengaku meminum obat daya tahan tubuh, sopir diperbolehkan jalan tanpa diperiksa lebih mendalam.

Kadishub OKI Syaiful Bahri melalui Kasi Dalops Mopul Aruan mengungkapkan bahwa pemeriksaan ini dilakukan guna keselamatan sopir dan penumpang. Pemeriksaan dilakukan terhadap mobil angkutan penumpang. Selanjutnya bila ada yang positif akan dikoordinasikan dengan petugas kepolisian. (gti)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!