Tiga Berkas, Dua Perorangan dan Korporasi

DILIMPAHKAN: Pelimpahan berkas ketiga ke Pengadilan Negeri (PN) Palembang untuk diberkas dan dibuatkan jadwal sidang, Kamis sore (25/1). Foto: Adi/Sumatera Ekspres

PALEMBANG- Setelah merampungkan berkas dakwaan terhadap pelaku pembalakan liar atau illegal loging yakni pemilik UD Ratu Cantik dan sopir truk yang mengangkut kayu gelondongan ditetapkan sebagai tersangka termasuk UD Ratu Cantik, Kamis (25/1) sore berkas ketiga tersangka ini dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Palembang untuk diberkas dan dibuatkan jadwal sidang.

“ Iya mas, tadi sore , staff dari bidang Pidana Umum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel menyerahkannya ke Panitera Muda bidang Pidana. Berkasnya ada tiga, yakni dua berkas untuk orang dan satu berkas lagi tersangkanya korporasi yaitu UD Ratu Cantik,” kata Aspidum Kejati Sumsel,Reda Mantovani yang dihubungi melalui ponselnya, Kamis (25/1).

Dijelaskannya, dengan pelimpahan berkas ini ke pengadilan, secara otomatis proses lanjutan yakni persidangan. Sedangkan untuk tersangkanya orang, kita kenakan pasal 87 ayat 1 atau ayat 4 Jo Pasal 12 huruf K, L dan M Uu No 18/2013 tentang pencegahan dan Kerusakan hutan. Sedangkan untuk tersangka korporasi, dikenakan pasal 83 UU No 18/2013 tentang perusakan hutan.

“ Kita tinggal menunggu jadwal persidanga dari majelis hakim. Untuk jaksa penuntut umum (JPU), akan dibentuk tiga tim. Jadi setiap berkas akan dipegang satu tim. Khusus korporasi, saya juga akan ikut terlibat sebagai JPU nya,” terangnya. (afi)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Jumat (26/1). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!