Tim Saber Pungli Bidik Penggunaan DD

Kompol Padmo Arianto Foto:Zulkarnain/Sumatera Ekspres

MUSI RAWAS- Ketua Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Kompol Padmo Arianto, meminta kepala Desa jangan menyelewengkann Dana Desa (DD) untuk kepentingan pribadi. Saat ini mereka sudah mempersiapkan tim dan   melakukan monitoring secara intensif terhadap penggunaan DD.

“Yang jelas banyak dana negara yang digelontorkan untuk pembangunan. Kami terus siaga, dengan menempatkan seluruh intelejen di setiap desa untuk mengumpulkan seluruh data dan informasi. Jika ada yang menyeleweng, langsung kita tindak tegas,” katanya saat
diwawancarai di lingkungan kantor Pemda Mura, Senin (17/7).

Dia mengatakan, kasus korupsi maupun Pungli sering kali terjadi terhadap dana-dana yang dikucurkan oleh pemerintah pusat ke daerah. Itu lantaran minimnya pengawasan terhadap penggunaan dana tersebut. Sejak tim Saber Pungli resmi dibentuk, mereka sudah beberapa kali mengungkap kasus penyelewengan yang dilakukan oleh oknum tertentu.

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, terjadi penyelewengan terhadap program Prona yang dilakukan oleh pemerintah desa. Karena melakukan pungutan terhadap program gratis pemerintah tersebut, pihaknya langsung mengamankan oknum yang bersangkutan.  (cj13)

Baca selengkapnya di Harian Sumatera Ekspres Selasa (18/7). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!