Timnas Gulat Ngaku Makin Pede TC di Bulgaria

Pegulat cilik Bulgaria. foto: istimewa

JAKARTA – Timnas Gulat Indonesia mengalami kemajuan pesat selama berlatih di Bulgaria. Kemampuan mereka bertambah. Tekniknya juga semakin oke. Situasi ini memunculkan keyakinan bahwa Indonesia akan bisa merebut emas pada Asian Games 2018 nanti.

“Untuk gaya grego roman ini setiap hari makin banyak para pegulat Bulgaria yang datang ke National Wrestling Centre di Sofia untuk sparring-partner. Para pegulat gaya grego roman menunjukkan kemajuan yang mengesankan. Anak-anak maju pesat ya,” terang Buyamin, pelatih paling senior di Timnas Gulat Indonesia.

Timnas Gulat Asian Games Indonesia sudah hampir 40 hari berada di Bulgaria untuk menjalani pelatihan lanjutan menyambut kompetisi gulat Asian Games XVIII/2018. Buyamin bersama Edem Abduraimov, pelatih asal Uzbekistan, menangani enam pegulat gaya grego. Yakni, Hasan Sidik (59 kg/Jatim), M Aliansyah (66kg/Kaltim), Andika Sulaeman (75 kg/DKI Jakarta), Lulut Gilang Saputra (85 kg/Jatim), Ashar Ramadhani (98 kg/Kaltim), dan Papang Ramadhani (130 kg/Kaltim).

Enam pegulat gaya grego dan enam pegulat gaya bebas putri saat ini sama-sama berlatih di Pusat Pelatihan Gulat Nasional Bulgaria, di Sofia. Sabtu (26/5) lalu mereka diajak rekreasi ke pantai oleh Federasi Gulat Bulgaria, dan Minggunya menyaksikan kompetisi gulat tradisional. Enam pegulat gaya bebas putri tidak ikut, karena mereka berlatih di Camakov, yang jaraknya ke pantai bisa mencapai 400km.

Baca Juga :  Akhirnya... Polda Kaltara Terbentuk

“Suasana latihan sangat baik, semua saling mendukung. Komunikasi kami dengan para pegulat Bulgaria juga baik,” jelas Buyamin.

Mereka nanti akan perebutkan emas di pertandingan yang berlangsung di JCC Senayan pada 19-22 Agustus. Total ada 18 emas diperebutkan. Aliansyah, yang berkompetisi di kelas 66 kg, disebut-sebut sebagai yang paling diandalkan mampu merebut satu medali emas dari grego.

Bulgaria termasuk salah satu barometer kekuatan gulat di Eropa. Gulat menjadi cabor favorit. Sudah diakrabi dan digeluti sedari kecil. Pelatih gaya bebas putri Bulgaria selalu membawa kedua putrinya ke pusat pelatihan. “Sebesar ini sudah diajak berlatih gulat oleh orangtuanya,” tulis Buyamin dalam foto yang dikirimnya. “Yang merah namanya Cassandra Casanov, yang biru Yurico Casanov,”. (kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!