Timnas U-23 Kalah 1-2 atas Korea Selatan

BOGOR – Timnas U-23 harus mengakui keunggulan Korea Selatan U-23 dan takluk 1-2 di laga persahabatan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu, 23 Juni 2018. Sempat menyamakan kedudukan di perpanjangan waktu babak kedua, Indonesia harus kembali kebobolan di menit akhir pertandingan.

Turun dengan skuad terbaik yang dibawanya, Timnas Indonesia mengambil inisiatif menyerang di awal pertandingan. Kombinasi dua sayap cepat Febri dan Riko Simanjuntak beberapa kali mampu membuka ruang untuk menyerang.

Memasuki menit ke-20, Korea Selatan mengambil alih penguasaan bola. Mereka mampu menghentikan alur bola Indonesia dari tengah. Indonesia hanya mengandalkan beberapa kali serangan balik.

Strategi penguasaan bola Korea Selatan berjalan efektif. Beberapa kali mereka kerap membahayakan gawang Indonesia yang dikawal Muhammad Ridho. Puncaknya Indonesia harus kebobolan di menit ke-43. Berawal dari servis tendangan pojok, Korea mencetak gol lewat bek mereka Jeong Taewook.

Dengan postur badan setinggi 1,95 meter, Taewook dengan mudah mencepoloskan bola ke gawang Ridho lewat sundulannya. 0-1 Indonesia tertinggal. Hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan, skor 0-1 untuk Korea Selatan bertahan.

Di babak kedua, Luis Milla merotasi sejumlah pemainnya. Selain mengganti kiper Muhammad Ridho dengan Awan Setho, Riko dan Septian juga ikut ditarik. Riko digantikan oleh Osvaldo Haay sedangkan Septian diganti oleh Stefano Lilipaly.

Di menit ke-69 Indonesia nyaris memecah kebuntuan. Umpan silang Beto nyaris diselesaikan oleh Osvaldo Haay yang datang dari lini kedua. Namun sontekan Osvaldo masih melebar di kanan gawang.

Milla kembali mengganti sejumlah pemainnya. Beto digantikan gelandang serang Saddil Ramdani. Pola permainan pun berubah, dengan Febri Haryadi yang digeser menjadi striker tunggal. Ia disokong oleh Lilipaly, Saddil, dan Osvaldo di belakangnya.

Strategi ini sedikit meningkatkan serangan Indonesia. Di menit ke-77 Febri Haryadi berhasil merebut bola dari barisan pertahanan Korea Selatan dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Namun tendangan pemain Persib Bandung masih dapat ditepis.

Korea Selatan tak mau kalah dan beberapa kali menyerang balik. Peluang terbaik mereka muncul di menit ke-84. Hwang Inbeom berhasil menembus pertahanan Indonesia dan berhadapan dengan Awan Setho. Namun bola yang sudah meluncur ke arah gawang berhasil disapu oleh Hansamu Yama di garis gawang.

Di babak perpanjangan waktu Indonesia akhirnya Indonesia berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari umpan tarik Saddil di pinggir lapangan, Hansamu Yama yang maju ke depan gawang berhasil menyundul bola dan menaklukan kiper. 1-1 skor Imbang.

Di sisa dua menit, Milla memasukan bek Andi Setyo menggantikan Febri Haryadi. Namun Korea Selatan berhasil mencetak gol kemenangan di menit akhir pertandingan lewat Han Seunggyu. Berawal dari tendangan bebas Hwang Inbeom, bola kemelut di depan gawang berhasil disepak oleh Han Seunggyu yang tak terjaga. Bola gagal diselamatkan oleh Awan Setho dan memastikan skor akhir 1-2 untuk kemenangan Korea Selatan.

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!