Timun Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi?

Tekanan darah tinggi alias hipertensi menjadi penyakit yang semakin dekat dengan masyarakat.

Mengutip Pusat Data & Informasi PERSI (PDPERSI), hasil Riset Kesehatan Dasar 2007, prevalensi hipertensi di Indonesia mencapai 31,7 persen.

Sayangnya dari jumlah tersebut, hanya 7,2 persen yang mengetahui dirinya terkena hipertensi dan hanya 0,4 persen yang minum obat.

Padahal hipertensi adalah jenis penyakit yang paling mudah mengundang penyakit lain untuk ikut menyerang tubuh.

Saat Anda memiliki hipertensi, maka risiko penyakit jantung dan gangguan kesehatan lain pun akan meningkat. Hipertensi tidak bisa diobati, namun bisa dikontrol dengan obat dan pola makan. Salah satu makanan yang disebut bisa mengontrol hipertensi adalah timun.

Sebenarnya tak ada satupun makanan tunggal yang bisa menurunkan tekanan darah seseorang. Namun, dengan menambahkan timun ke dalam menu makanan sehat, terbukti bisa menghindarkan Anda dari lonjakan angka tekanan darah. Hal ini berkat kandungan yang ada dalam setiap timun.

Sebagai satu jenis makanan favorit, timun memiliki kandungan sodium yang cenderung kecil. Dalam satu buah timun, hanya memiliki kandungan 6 mg sodium. Seperti diketahui, penderita hipertensi dianjurkan untuk sebisa mungkin menghindari konsumsi sodium.

Selain itu, timun juga mengandung kalium yang berperan besar dalam mengontrol tekanan darah. Setidaknya setiap buah timun mengandung sekitar 442 mg kalium.

Dalam tubuh, kalium bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah menurun. Selain pada timun, kandungan yang satu ini juga bisa Anda temukan di beberapa jenis buah-buahan, kacang-kacangan, ikan, dan yoghurt.

Jika Anda mengalami hipertensi, Anda pun direkomendasikan untuk menjaga berat badan ideal. Sebab memiliki berat badan yang berlebih akan meningkatkan risiko penyakit menyerang, apalagi jika ditambah dengan riwayat hipertensi. Dan sebagai makanan, timun disebut mampu menjaga keseimbangan berat badan Anda.

Timun yang dikonsumsi bersama kulitnya hanya memiliki sekitar 45 kalori. Dan menurut University of Michigan, lebih dari 95 persen berat timun berasal dari air, yang merupakan nutrisi bebas kalori dan penekan nafsu makan alami.

Namun ingat, Anda tetap harus mengonsumsi obat-obatan hipertensi dari dokter, jika memang ada. Jangan menjadikan timun sebagai satu-satunya solusi untuk menurunkan tekanan darah Anda.(RS/ RVS/klikdokter)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!