Tingkatkan Kemampuan Menulis Siswa

PALEMBANG – Siswa-siswi SMAN 3 Prabumulih bakal diuji kemampuannya dalam menulis, hari ini (18/11). Melalui kegiatan pelatihan jurnalistik dan lomba menulis yang digelar Harian Pagi Sumatera Ekspres, diharapkan kualitas tulisan siswa SMAN 3 Prabumulih semakin meningkat.
Kepala SMAN 3 Prabumulih, Karwono SPd mengungkapkan, dunia jurnalistik dan lomba menulis sudah akrab dengan siswa-siswi SMAN 3 Prabumulih. Pasalnya, sekolah memiliki kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) broadcasting. “Selama ini, ekskulnya sudah ada. Jadi, tinggal mengasah lagi kemampuannya. Kami berharap tim redaksi Sumatera Ekspres bisa menularkan ilmunya ke siswa,” ujar Karwono saat dibincangi, kemarin (17/11).
Karwono menuturkan, kemampuan menulis sangat dibutuhkan siswa, terutama untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah. Bekal kemampuan menulis juga nantinya dibutuhkan siswa saat dirinya masuk ke perguruan tinggi. “Pasti dibutuhkan. Apalagi kalau melanjutkan kuliah. Mereka akan menulis makalah, paper, dan jenis karya tulis ilmian lainnya,” katanya.
Ia mengimbau siswanya mengikuti pelatihan dan perlombaan dengan baik. “Simak penjelasannya dengan baik. Kalau ada yang kurang dimengerti, langsung bertanya saja,” ungkapnya.
Sementara itu, Hj Nurseri Marwah, pemimpin redaksi Sumatera Ekspres mengatakan, kegitan literasi di kalangan kawula muda saat ini makin berkurang. Padahal, literasi seperti membaca dan menulis sangat penting bagi siswa. “Tak bisa dipungkiri, lewat membaca dan menulis, bisa meningkatkan pengetahuan siswa ataupun mahasiswa,” lanjutnya.
Untuk lomba menulis, mengambil tema Peran Pemuda dalam Membangun Sumsel dengan total hadiah Rp21 juta, rincian juara pertama mendapatkan hadiah Rp10 juta, juara kedua Rp7,5 juta, dan juara ketiga Rp3,5 juta. “Kita akan roadshow ke daerah-daerah memberikan edukasi menulis di kalangan siswa. Kita tidak mengarahkan siswa menjadi wartawan, tapi dengan dasar menulis yang kuat, siswa bisa jadi apa saja yang diinginkannya,” pungkasnya. (kos/nan/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!